Studi Kasus: DLTA vs MLBI

Posted on

Sekilas Saham episode ini adalah studi kasus analisa dua saham: DLTA dan MLBI. Keduanya adalah produsen dan distributor minuman beralkohol.

Belakangan marak video-video yang menawarkan analisa dan valuasi saham tertentu. Fokus hanya valuasi akan berbahaya. Apalagi jika tidak ada pemahaman soal bisnisnya. Kedua, valuasi mudah dimanipulasi oleh pembuatnya. Jika seleranya ingin mencari angka tinggi, hal itu juga bisa diperoleh secara mudah.

Memahami cara menganalisa jauh lebih bermanfaat daripada memahami valuasi yang faktanya bisa dilakukan jika Anda sudah punya rumusnya. Saat kita tahu dan bisa fokus hal-hal lebih penting seperti kenapa bottom line bisnis sebuah usaha lebih baik dibanding usaha sejenis, kenapa alokasi kapital yang berbeda, kenapa penjualan lebih baik, di situ kita bisa makin nyaman membuat keputusan investasi.

Silakan pelajari bagaimana cara saya menganalisa fundamental kedua perusahaan produsen alkohol ini. Barangkali Anda bisa mendapat sesuatu dari cara saya menganalisa emiten sektor minuman alkohol ini.