Ringkasan Kinerja

Seperti kami sampaikan via media sosial pada 23 Desember tahun lalu, kami hanya menampilkan kinerja Portofolio Bolasalju dan Portofolio berkala mulai awal 2022. Kinerja portofolio lain sejak 2010 dan kinerja 2018 dalam model lain, semua tidak akan kami umumkan lagi. Keputusan ini didasarkan atas relevansi dan juga penyederhanaan. Silakan pelajari detailnya di kiriman tersebut.

Ini adalah ringkasan kinerja semua portofolio investasi yang saya kelola. Masing-masing kinerja berikut, baik bulanan dan tahunan, selalu dibandingkan dengan IHSG sebagai benchmark.

Kinerja awal 2022 ini masih buruk. Hingga Maret 2022 Portofolio Bolasalju memperoleh -10,83% vs IHSG 7,44%.

Kami mengalami kinerja negatif meski pada dasarnya dana portofolio kami hanya berkurang tipis. Hantaman kinerja datang karena sebuah posisi yang sedang mengalami kinerja negatif hingga -19,9% dari modal awal. Penurunan satu saham ini saja telah menggerus penghasilan dari dividen dan capital gain beberapa saham lainnya.

Kinerja Maret 2022

Kami punya prinsip teaching by example. Cara paling sederhana menunjukkan apa yang kami lakukan adalah dengan pembuktian kinerja. Publikasi dimaksudkan sebagai edukasi dan sekaligus rekaman perjalanan investasi pribadi.

Investasi bisa naik atau turun. Preferensi menampilkan kinerja yang bagus saja begitu menggoda, dan tentu menarik perhatian. Tapi melakukan hal itu berbahaya karena menyembunyikan faktor risiko yang tidak terlihat.

Saya berusaha melaporkan angka-angka di sini dengan “nada” senetral mungkin, seperti sajian tabel ringkas, tidak ada penekanan kinerja apa pun. Semua dalam bentuk relatif, tidak terkait nominal rupiah, hanya persentasi berdasarkan kinerja per periode investasi (holding period). Biarkan angka saja yang bicara, bukan penekanan nilai atau grafik.

Semua laporan berikut adalah kinerja investasi pribadi atau keluarga saya. Tidak ada dana pihak lain yang terlibat.

Ini adalah ringkasan kinerja semua portofolio investasi yang saya kelola. Masing-masing kinerja berikut, baik bulanan dan tahunan, selalu dibandingkan dengan IHSG sebagai benchmark karena horizon saya terlalu luas.

Portofolio investasi yang dikelola dengan strategi aktif (value investing) adalah Portofolio Bolasalju. Portofolio Berkala adalah dana tabungan anak yang dikelola dengan strategi pasif ala dollar cost averaging (nyicil) atau berkala, buy and hold.

Portofolio Bolasalju

Kinerja Portofolio Bolasalju per Maret 2022

Portofolio Bolasalju adalah sebagai edukasi berisi contoh dari langkah investasi jangka panjang menggunakan strategi aktif, khususnya berdasarkan paradigma investasi nilai (value investing). Member Klub Investor Bolasalju bisa melihat ke belakang bagaimana dan kapan portofolio ini dibentuk. Ekspektasi lain dari portofolio ini sebagai sebuah cara kami untuk menguji dan mengevaluasi strategi investasi yang kita lakukan.

Kami tidak memberi rekomendasi karena asumsi risiko dan ekspektasi tiap orang berbeda. Kita semua bisa salah dalam memilih saham dan melakukan operasi investasi.

Baca selengkapnya di halaman Ide Bolasalju.

Portofolio Berkala

Portofolio Berkala adalah sebuah upaya pembuktian kecil strategi investasi berkala dari tabungan anak. Kami memutuskan menaruh tabungan dalam bentuk saham karena kebutuhan uangnya masih lama. Kami memandang dividen tahunan dari saham sudah setara dengan suku bunga tabungan. Portofolio dikelola menggunakan strategi investasi pasif dengan paradigma investasi berkala (dollar cost averaging).

Kinerja Portofolio Berkala Tahun 2021 (klik untuk versi besar)

Catatan

Kami tidak pernah meng-highlight kinerja saham individual. Menurut kami itu tidak relevan.

Misalnya: saham AAAA naik 10% setelah seminggu, saham BBBB naik 3% setelah 1 hari, saham CCCC naik 40% dalam 3 bulan. Kami pernah meraih kinerja saham jangka pendek dari puluhan persen hingga 500% dalam waktu kurang dari setahun. Kinerja seperti itu adalah jangka pendek. Ikuti terus penjelasan kami agar tahu alasannya.

Kami percaya yang lebih penting adalah keputusan investasi dalam kinerja jangka panjang.

Membuat kinerja individual saham yang positif dalam jangka pendek itu sangat gampang. Dari 10 saham dalam sebuah daftar, pasti ada yang harganya naik dalam jangka pendek. Padahal, pasti ada saham-saham lain yang turun. Tanyakan kepada mereka yang menunjukkan kinerja temporer itu, apa yang turun ditampilkan?

Bagaimana pula bobot investasi? Seseorang punya saham A sebanyak 10% dari seluruh portofolio investasinya. Di saham B ia hanya punya 5%. Di saham C dan lainnya ia punya antara 1-2%. Kinerja ratusan persen saham C tidak banyak mempengaruhi kinerja portofolio. Bobot akan mempengaruhi kinerja investasi. Konyolnya ada yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik. Buat apa menunjukkan kinerja masa lalu dari saham-saham yang sengaja dipilih sudah naik ribuan atau belasan persen?

Kami adalah value investor. Kami fokus untuk meraih kinerja jangka panjang terbaik. Kami hanya mengevaluasi kinerja jangka panjang.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Itulah yang kami lakukan. Pelanggan bisa mengecek masing-masing transaksi. Semua kami lakukan sebagai evaluasi, bukti, dan sekaligus agar bisa menjadi sarana belajar dan inspirasi untuk pelanggan. Sejak 2010, kami secara terbuka membuka kinerja jangka panjang karena kami melakukan apa yang kami ucapkan (walk the talk).

Jika ada, kami juga berbagi kenapa dan bagaimana kinerja tersebut diperoleh dalam pengantar kinerja Bolasalju sebelumnya: Desember 2021, September, Juni, Maret 2021, Desember 2020, November, Oktober, September, Agustus, Juli, Juni, Mei, April, Maret 2020, Desember 2019, November, Oktober, September, Agustus, Juli, Juni, Mei, April, Maret, Februari, Januari 2019, Desember 2018, November, Oktober, September, Agustus, Juli, Juni, dan Mei 2018 (mulai).

Tentang Metode Pencatatan Kinerja

Seluruh kinerja kami dipantau memakai metode reksadana dengan basis unit dimulai pada Rp1.000 per unit. Detail mekanisme pemantauan tersedia di halaman Ide Bolasalju. Untuk kinerja portofolio dijelaskan pula di halaman kinerja.

Anggota Premium kami bisa memantau rincian transaksi dan kalkulasi portofolio virtual dengan mengakses tautan ke berkas Google Sheets. Pelanggan juga bisa mengunduh dan memakai kalkulasi tersebut untuk menghitung kinerja mereka.

Metode Pencatatan Kinerja 01

Metode Pencatatan Kinerja 02

Catatan: Kinerja total adalah total akumulasi kinerja (majemuk multi tahun). Kinerja investasi Keluarga Tahun 2010 disertakan karena hasil investasi negatif sementara IHSG positif pada tahun itu. Kalau data 2010 tidak disertakan, hasil perolehan majemuk IHSG jauh lebih rendah. Semoga keputusan ini cukup adil.

Anda tunduk pada Disclaimer.


Published: 1 Dec 2010Last updated: 14 May 2022