Kinerja Investasi

Kinerja Investasi Desember 2020
Kinerja Investasi Desember 2020 (klik untuk versi besar)

Kinerja Tahunan 2020

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai indikator kinerja bursa efek Indonesia ditutup 5.979,07 atau turun -5,97% dibanding indeks akhir tahun 2019. Ini sebenarnya kinerja yang cukup bagus mengingat tiga bulan terakhir IHSG menorehkan kinerja bulanan di atas 5% setiap bulan.

Kinerja BulananPortofolio Virtual dari Ide Bolasalju mengalami kenaikan kinerja sebesar 10,66% pada bulan terakhir di tahun ini, dari 1.393,52 menjadi 1.542,13. Kinerja tahunan tercapai 32,76%. Kinerja sejak diterbitkan pada Mei 2018 adalah 54,21% atau CAGR 15,53% yoy.

Portofolio Virtual kami tutup dan kami konversi menjadi Portofolio Bolasalju mulai awal tahun 2021. Perbedaannya, Portofolio Bolasalju memakai dana riil sejumlah hasil investasi dari kinerja tahun 2020. Kami juga akan mengukur kinerjanya di tahun 2021.

Portofolio Bolasalju adalah fasilitas Klub Investor Bolasalju sebagai inspirasi operasi investasi jangka panjang menggunakan strategi aktif dengan mengaplikasikan paradigma value investing. Kami ingin mengajari bagaimana sebuah kerangka investasi jangka panjang bekerja.

Portofolio Investasi Keluarga pada Desember mengalami kenaikan 18,04% dari 7.076,83 menjadi 8.353,55. Portofolio ini memperoleh kinerja 26,43% dari awal tahun, atau setara 735,36% dari awal. 

Portofolio Berkala, tabungan anak yang diinvestasikan dalam beberapa saham perusahaan besar yang dikelola berdasarkan paradigma investasi berkala (pasif), pada bulan ini naik 16,41% dari 2.098,2995 menjadi 2.243,63, atau mencapai 15,63% sejak awal tahun. Kinerja total investasi berkala setara 124,36% dari awal dibuat.

Detail Kinerja

Informasi kinerja bulanan masing-masing portofolio ada di bawah. Semua kinerja portofolio dihitung memakai model reksadana menimbang nilai bersih aset: a) investasi (kas dan nilai pasar saham); b) menyertakan realisasi keuntungan/kerugian; c) dan hasil dividen.

Bolasalju

Kinerja Portofolio Bolasalju

Tujuan dibuatnya Portofolio Virtual yang kemudian menjadi Portofolio Bolasalju adalah memberi manfaat sebagai contoh dan inspirasi langkah investasi jangka panjang menggunakan strategi aktif dengan menganut paradigma investasi nilai. Ekspektasi lainnya adalah portofolio ini sebagai sebuah cara kami untuk menguji dan mengevaluasi strategi investasi yang kita lakukan. Kita semua bisa salah dalam memilih saham dan melakukan operasi investasi.

Kinerja Portofolio Bolasalju Desember 2020
Kinerja Portofolio Bolasalju Desember 2020 (klik untuk versi besar)

Baca selengkapnya di halaman Ide Bolasalju.

Keluarga

Kinerja Portofolio Investasi Keluarga

Portofolio Investasi Keluarga, yaitu dana investasi saham pribadi (keluarga) yang saya kelola sejak akhir 2010. Portofolio ini dikelola mengaplikasikan strategi investasi aktif dengan mengikuti paradigma value investing. Model pemikiran investasi saya adalah 40% Graham dan 60% Buffett/Munger/Fisher.

Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2020
Kinerja Portofolio Keluarga Desember 2020 (klik untuk versi besar)

Berkala

Kinerja Portofolio Investasi Berkala

Portofolio investasi berkala adalah sebuah upaya pembuktian kecil strategi investasi berkala dari tabungan anak. Kami memutuskan menaruh tabungan dalam bentuk saham karena kebutuhan uangnya masih lama. Kami memandang dividen tahunan dari saham sudah setara dengan suku bunga tabungan. Portofolio dikelola menggunakan strategi investasi pasif dengan paradigma investasi berkala (dollar cost averaging).

Kinerja Portofolio Berkala Desember 2020
Kinerja Portofolio Berkala Desember 2020 (klik untuk versi besar)

Catatan

Kami tidak pernah meng-highlight kinerja saham individual. Menurut kami itu tidak relevan.

Misalnya: saham AAAA naik 10% setelah seminggu, saham BBBB naik 3% setelah 1 hari, saham CCCC naik 40% dalam 3 bulan. Kami pernah meraih kinerja saham jangka pendek dari puluhan persen hingga 500% dalam waktu kurang dari setahun. Kinerja seperti itu adalah jangka pendek. Ikuti terus penjelasan kami agar tahu alasannya.

Kami percaya yang lebih penting adalah keputusan investasi dalam kinerja jangka panjang.

Membuat kinerja individual saham yang positif dalam jangka pendek itu sangat gampang. Dari 10 saham dalam sebuah daftar, pasti ada yang harganya naik dalam jangka pendek. Padahal, pasti ada saham-saham lain yang turun. Tanyakan kepada mereka yang menunjukkan kinerja temporer itu, apa yang turun ditampilkan?

Bagaimana pula bobot investasi? Seseorang punya saham A sebanyak 10% dari seluruh portofolio investasinya. Di saham B ia hanya punya 5%. Di saham C dan lainnya ia punya antara 1-2%. Kinerja ratusan persen saham C tidak banyak mempengaruhi kinerja portofolio. Bobot akan mempengaruhi kinerja investasi. Konyolnya ada yang hanya menyoroti kinerja masa lalu satu atau dua saham yang MEMANG telah naik. Buat apa menunjukkan kinerja masa lalu dari saham-saham yang sengaja dipilih sudah naik ribuan atau belasan persen?

Kami adalah value investor. Kami fokus untuk meraih kinerja jangka panjang terbaik. Kami hanya mengevaluasi kinerja jangka panjang.

Yang tidak mudah adalah kinerja akumulasi hanya dari saham-saham yang sudah terseleksi. Itulah yang kami lakukan. Pelanggan bisa mengecek masing-masing transaksi. Semua kami lakukan sebagai evaluasi, bukti, dan sekaligus agar bisa menjadi sarana belajar dan inspirasi untuk pelanggan. Sejak 2010, kami secara terbuka membuka kinerja jangka panjang karena kami melakukan apa yang kami ucapkan (walk the talk).

Jika ada, kami juga berbagi kenapa dan bagaimana kinerja tersebut diperoleh dalam pengantar kinerja Bolasalju sebelumnya: Desember 2020, November, Oktober, SeptemberAgustus, JuliJuniMeiAprilMaret 2020Desember 2019NovemberOktoberSeptemberAgustusJuliJuniMeiAprilMaretFebruariJanuari 2019Desember 2018NovemberOktoberSeptemberAgustusJuliJuni, dan Mei 2018 (mulai).

Tentang Metode Pencatatan Kinerja

Seluruh kinerja kami dipantau memakai metode reksadana dengan basis unit dimulai pada Rp1.000 per unit. Detail mekanisme pemantauan tersedia di halaman Ide Bolasalju. Untuk kinerja portofolio dijelaskan pula di halaman kinerja.

Anggota Premium kami bisa memantau rincian transaksi dan kalkulasi portofolio virtual dengan mengakses tautan ke berkas Google Sheets. Pelanggan juga bisa mengunduh dan memakai kalkulasi tersebut untuk menghitung kinerja mereka.

Contoh tampilan Sheets Ide per Februari 2019
Sheets bisa diunduh oleh pelanggan Anggota Premium.