Setiap usaha memerlukan pemasaran. Termasuk Bolasalju yang punya mimpi menjadi penyedia edukasi dan riset bervisi jangka panjang yang terpercaya.

Usaha pemasaran biasanya menonjolkan sesuatu yang positif, menarik, dan selalu berkilau. Tapi, seorang mentor berkata, “Tidak ada yang suka bunga plastik. Tanamlah bunga sungguhan.”

Maka, apa yang kami lakukan sebenarnya menganut prinsip itu. Kami menolak jadi bunga plastik.

Kami percaya prinsip bahwa perjalanan investasi terbaik adalah melakukan apa yang kami ucapkan. Dengan begitulah cara kami menggelinding.

Dari 2010 hingga 2022, kami punya dua portofolio pribadi dengan gaya investasi aktif dan pasif. Portofolio aktif memperoleh kinerja 735% selama 11 tahun, sementara IHSG hanya 135%. Portofolio pasif memperoleh kinerja 125% selama 7 tahun, dan IHSG hanya 35%. CAGR portofolio tersebut setara 21,28% YoY dan 12,57% YoY (83 bulan).

Sayangnya, meski kami mempublikasikan kinerjanya secara aktual di blog, namun kami tidak bisa menunjukkan bagaimana “isi” investasi keluarga tersebut karena alasan privasi.

Tanpa bisa menunjukkan, maka portofolio kami tidak bisa diaudit dan dibuktikan keasliannya.

Bagaimana cara agar orang lain bisa menyaksikan proses tanaman ini tumbuh dari bibit, menjadi besar, hingga berbunga indah?

Sejak awal 2021 dan awal 2023, kami meluncurkan Portofolio Carstensz dan Alpen, dua model portofolio investasi dengan dana riil dari kas pribadi.

Untuk menjaga prosesnya terbuka, kami menerbitkan postingan terbuka di website serta IG dan X (Twitter) yang menjelaskan: tujuan portofolio, bagaimana strateginya, jumlah dananya, serta harapan model portofolio itu sebagai media pembelajaran pelanggan. Postingan terbit sebelum kedua model portofolio itu dimulai.

Kedua media sosial tersebut membatasi pengeditan gambar. Kami berharap pemirsa bisa mengkonfirmasi sahih tidaknya pernyataan kami.

Kami menghindari pelaporan dokumen lokal (PDF, word, screenshot, atau website) karena bisa dengan mudah ditandai dengan penanggalan mundur. Kami menghindari pengumuman tiba-tiba tanpa basis referensi yang layak. Semua portofolio kami sejarahnya bisa diverifikasi.

Publikasi media sosial tentang rencana peluncuran portofolio dan perubahannya. Semua terbit sebelum Portofolio dimulai. Lihat referensi tautan di bawah.

Publikasi media sosial tentang rencana peluncuran portofolio dan perubahannya
Publikasi media sosial tentang rencana peluncuran portofolio dan perubahannya. Semua terbit sebelum Portofolio dimulai. Lihat referensi di bawah.

Kami juga terbitkan kinerja bulanan di IG (dan media sosial lain) dan pelanggan kami bisa mengkonfirmasi kebenarannya. Semua publikasi kinerja disajikan apa adanya tanpa menonjolkan kinerja saham individu yang bagus saja, tidak menonjolkan kinerja total saat bagus saja, apalagi berusaha mencapainya dengan cara yang tidak etis.

Kenapa kami melakukannya?

Semua upaya keterbukaan ini perlu kami lakukan agar semua pihak bisa tahu dan merasakan manfaat dengan melihat, mencari inspirasi, atau belajar dari perjalanan kami.

Kita semua akan menjadi baik dengan cara menanam bunga asli.

Itulah cara yang kami pilih untuk menanam ‘perjalanan investasi’ yang kami harapkan tumbuh dan menghasilkan bunga yang indah.

Kami tidak menanam bunga plastik.

Bunga di halaman rumah kami
Bunga di halaman rumah kami

Referensi

Beberapa postingan media sosial sebelum peluncuran, pengenalan, dan perubahan dua portofolio kami:

Portofolio Carstensz:

Portofolio Alpen:

Pemutakhiran: koreksi jumlah bulan untuk kinerja dan CAGR.


Diterbitkan: 24 Oct 2023Diperbarui: 3 Jun 2024