Ide 03 Tercapai +85,06%, Setelah 5 Tahun

Ide #03 (MICE) kami publikasikan untuk member Klub Investor Bolasalju pertama kali pada 22 Mei 2018. Ide #03 tercapai pada 9 Maret 2023.

MICE adalah produsen alat menyusui dan produk bayi dengan merek Pigeon. Industrinya termasuk konsumen non-siklus. Industri yang bisa dianggap defensif. Saat terbit, sahamnya telah turun -56% dibanding harga tertinggi 10 tahun sebelumnya, pertumbuhan kecil mendekati inflasi, dan saat itu dijual di bawah separuh nilai buku. Ciri khas saham “cigarbutt” atau nilai sederhana.

Tidak Ada Transaksi Portfolio

Mengingat Portofolio Carstensz sebagai model portofolio baru dimulai sejak 2021 dan saat itu kami mengincar peluang lain, kami memutuskan tidak bertransaksi di saham MICE.

Kami memutuskan menampilkan nama sahamnya karena di tingkat harga penutupan Rp870 (28 Maret 2023), saham ini dihargai setara 0,7x dibanding nilai bukunya, atau sudah naik +152,9% dibanding harga saat terbit. Harga yang tidak terlalu murah buat kategori saham cigarbutt untuk mengantisipasi risiko dan potensinya.

Disclaimer: bukan ajakan jual/beli/hold saham. Publikasi dimaksudkan sebagai edukasi mencari ide atau peringatan. Publikasi ini hanya sebagai pengumuman.


Sejarah Ide Bolasalju

  • Total ide dari 2018: 33
  • Kesalahan analisa: 1
  • Perkembangan usaha buruk: 5
  • Kasus di emiten: 4
  • Tercapai harga wajarnya: 10
  • IDE AKTIF: 13^

^Ide diharapkan punya peluang naik 25% atau lebih. Seluruh ide yang sudah keluar tercapai dalam kisaran 27%-119%.

—Status per 28 Maret 2023

Status Ide Bolasalju

  • Performa negatif (-1 s/d -50%): 6
  • Performa positif 0%-10%: 4
  • Performa positif 11%-50%: 3
  • Performa positif 50% lebih: 0
  • IDE AKTIF: 13^

—Status per 28 Maret 2023

Cigarbutt, Sederhana Tapi Dilema

Perusahaan dengan karakter cigarbutt atau slow growth mempunyai karakter potensi bisnis yang diragukan atau pendapatan relatif stagnan atau dianggap tidak ada potensi revenue baru dalam jangka pendek.

Namun, perusahaan cigarbutt punya nilai buku dan/atau kas yang besar dibanding harga sahamnya sehingga batas pengaman lebar. Investor juga merasa lebih tenang jika ada dividen, biarpun itu kecil.

Peringatan (Disclaimer)

Menceritakan keberhasilan 1 (satu) ide yang sukses bisa mengundang bias. Portofolio investasi dibentuk oleh sekeranjang aset investasi, bukan satu saham. Lebih baik lagi diceritakan bagaimana hasil keputusan investasi dalam periode itu, apakah memang hasil positif itu berkorelasi positif terhadap pertumbuhan aset atau tidak. Misal, cerita +30%, tapi porsinya hanya 1% dari portofolio, tidak ada artinya. Minusnya berapa? Diungkap juga nggak?

Kami lebih merasa adil jika cerita hasil dari total portofolio, bukan hanya satu saham.


Diterbitkan: 28 Mar 2023Diperbarui: 1 Apr 2024