Resensi Buku: Who Wants to be A Smiling Investor

Posted on
Gambar sampul buku Who Wants to be a Smiling Investor

Judul Buku: Who Wants to be A Smiling Investor: Cara Termudah Belajar Investasi Saham
Penulis: Lukas Setia Atmaja, Thomdean
Penerbit: KPG (Februari 2011)
Tebal: 234 halaman

Sebenarnya buku ini edisi buku terjemahan dari penulis asing atau tulisan karya penulis Indonesia sih? Kok judulnya keminggris gitu? Jujur, judul buku ini saya salin persis-sis apa adanya, dan memang memakai bahasa Inggris gede seperti itu. Tapi di bawahnya memang berbahasa Indonesia. Kalau merunut penulisnya, Lukas Setia Atmaja sepertinya sih orang sini, tapi Thomdean itu siapa? Jangan-jangan dia penulis asing ngetop? Eh, tapi kok gambarnya lucu? Apa benar ini buku tentang investasi? Jangan-jangan guyonan aja?

Resensi buku ini falam format video

Itulah semua pikiran yang berkecamuk di benak saya ketika melihat buku ini pertama kali di toko buku beberapa bulan lalu. Benar pembaca, buku ini memang murni karya lokal, apalagi ada label “Kartun Investasi pertama ala Indonesia”. Saya juga bingung, ngapain sih pakai bahasa Inggris saja, apa pak dosen Lukas tidak percaya bahwa isi bukunya emang bagus? Padahal menurut saya isi buku ini sangat bagus. Seandainya judul bukunya dibikin ala judul film Warkop, misalnya, “Om Investor Senang, Naik-Turun Makin Girang” mungkin makin keren kan? šŸ™‚

Baiklah, cukup guyonannya, mari kita serius. Padahal saya sih memang tak bisa main humor ya? Hehehehe…

Pembaca, buku ini memang buku komik pertama tentang investasi. Jadi tanpa perlu label di sampul depan itu, buku ini memang benar-benar buku pertama. Ada sih buku komik biografi Warren Buffett, misalnya, tapi komik investasi ya cuma ini aja.

Pertanyaannya, apa benar investasi bisa diulas melalui komik? Itu pertanyaan yang menggantung dalam pikiran saya. Tanpa ba-bi-bu, akhirnya saya cari pojok yang nyaman di toko buku, lalu saya berusaha mencuri-baca buku ini dari sampul awal sampai halaman akhir. Puas saya tersenyum. Puas pula saya mencari kelemahan buku ini. Dan ternyata hampir tidak ini. Inilah buku investasi yang membuat kita gembira. Niat awal hanya mencuri baca, akhirnya saya membeli buku ini. Saya berniat menunjukkan buku ini ke istri saya yang awam dunia investasi. Saya ingin ia membacanya agar lebih paham dengan dunia investasi tanpa melalui penjelasan dari saya yang seringkali berputar-putar panjang tak tentu arah.

Buku Who Wants to be a Smiling Investor secara struktur dibagi menjadi 12 bab besar yang mengusung berbagai topik investasi. Awas kalau ketakutan, judul mirip buku politik! Ada “Investasi: Quo Vadis”, “Saya Datang, Saya Lihat, Saya Beli”, tapi ada pula judul macam “Delapan Jurus Dewa Mabuk”. Tapi jangan pusing. Semuanya disajikan secara komik, alias penuh dengan gambar-gambar, dan juga gambar yang penuh tulisan. Dan yang pasti, buku ini menjanjikan kita ketawa terpingkal-pingkal.

Contoh isi buku komik Who Wants to be a Smiling Investor, hak cipta pada penulis buku. Dimuat hanya untuk bahan resensi.

Buku ini mengajak pembacanya mengenal dunia investasi, dengan cara yang gembira. Ada perkenalan tentang perbedaan investasi dengan menabung cara biasa. Tentang bahaya inflasi. Mengenal tipe investor. Berbagai jenis-jenis investasi. Lalu kemudian mendatangi topik seru perkenalan ke dunia saham. Ada strategi investasi dan jurus-jurusnya. Juga saran praktis mencari informasi dan metode berinvestasi. Ada pula perkenalan singkat guru investasi seperti Ben Graham, Warren Buffett, John Bogle, dan Peter Lynch. Buku ini juga secara singkat mengenalkan tata cata melihat saham perusahaan yang bagus. Intinya sih hampir semua yang dibahas (dan akan dibahas) blog bolasalju.com ada di buku komik ini. Jadi kalau tak ada waktu baca blog ini mending baca buku ini aja deh. Toh lebih gembira bacanya, hehehe… Eh tapi jangan ding, blog bolasalju.com menawarkan isi lain kok. Yang akan lebih seru dan tentu berbeda. Nantikan saja.

Saya merekomendasikan setiap orang yang ingin mengenal investasi tapi sangat awam untuk beli dan baca buku ini. Yang punya uang lebih, bagikan komik ini ke saudara yang antusias belajar saham. Inilah cara belajar investasi yang paling mudah dan menggembirakan. Dengan membaca buku ini, saya kira setiap orang akan tahu seluk beluk dunia saham dan kemudian bisa mendapatkan saran yang mantap tentang apa yang terbagus dalam berinvestasi. Saya suka buku ini karena mengajarkan tentang investasi konservatif, atau investasi yang aman. Kita tentu tahu investasi tidak melulu tentang potensi keuntungan, tapi juga punya risiko. Buku ini mengenalkan itu semua dan menawarkan jalan yang terbaik. Buku ini juga cukup fair karena mengenalkan pula dunia investasi dari kedua pihak: yang fundamental dan teknikal. Kalau Anda tertarik risiko tinggi dan ingin jadi trader (atau main jangka pendek) ya silakan aja, tapi tahulah risikonya. Buku ini menyarankan orang untuk main jangka panjang, karena secara statistik lebih menguntungkan, meski dalam jangka pendek ada fluktuasi, itu biasa saja.

Seandainya lima tahun lalu buku ini sudah terbit, tentu proses belajar saya akan jauh lebih cepat tanpa harus berusaha mencari remah-remah ilmu investasi dari berbagai buku lain. Terbukti setelah menamatkan buku ini, istri saya langsung paham tentang berbagai istilah investasi yang selama ini saya ungkapkan. Kita bisa berdebat seru jadinya. Saya yakin inilah buku pertama yang wajib dibaca setiap orang bila ingin belajar dan terjun ke dunia investasi. Setelah paham buku ini, bila ingin serius, mereka bisa membaca buku investasi lain seperti The Intelligent Investor dan buku-buku lainnya.

Kolaborasi komikus Thomdean dan penulis ekonomi Lukas Setia Atmaja dalam komik ini terbukti bisa mengajarkan kita materi yang serius dengan banyolan dan guyonan renyah melalui berbagai tokoh dalam komik ini, seperti Profesor Telo, komploten penggoreng saham, dan tak kalah pakar hoki saham.

Edisi Baru

Who Wants to be A Smiling Investor Sampul Baru
Who Wants to be A Smiling Investor Sampul Baru