Kemarin, 19 September 2022 produk baru ini diluncurkan. IDX melabeli ini sebagai alternatif investasi baru.

Apa benar ini alternatif investasi baru?

Perbedaan Waran Terstruktur vs Saham

Waran Terstuktur Vs Saham

Contoh dari IDX ini hanya memberi informasi positif. Tidak dijelaskan tentang risiko jika rugi, batas waktu kontrak, dll. Yuk kita kupas.

Info Produk Waran Terstruktur di IDX

Karakter produk ini selalu mempunyai informasi:

  • Underlying efek
  • Penerbit
  • Jenis: Call/Put
  • Bulan Jatuh Tempo
  • Tahun Jatuh Tempo
  • Kode Unik
  • Fraksi harga: mengikuti harga efek (1/x efek)
  • Exercise pasti pada jatuh tempo (wajib diserap)
  • Jatuh tempo: 2 bulan hingga 2 tahun

Jadi Makhluk Apa Sebenarnya Waran Terstuktur Itu?

Meski dilabeli alternatif investasi, tapi karakter call/put untuk kontrak dalam jangka waktu tertentu, maka ini disebut sebagai efek derivatif.

Arti Efek Call atau Put

Efek call memberi Anda hak untuk membeli saham di masa depan dengan harga sekarang. Efek put memberi Anda hak menjual saham di masa depan dengan harga sekarang.

Kapan masa depan itu? Tergantung jatuh tempo kontrak.

Contoh Kasus Waran Terstuktur Saat Untung

Ada seseorang membeli waran terstrukur “call” seharga Rp500/lembar (dengan konversi 1:10) untuk aset saham asli seharga Rp5.000/lembar. Secara teori modal dia untuk membeli “call” ini jelas lebih murah dibanding saham aslinya. Untuk membeli 1 lot atau 100 lembar, dia hanya merogoh uang sebesar Rp50.000. Sementara 1 lot atau 100 lembar saham asli perlu uang Rp500.000.

Saat saham asli naik menjadi Rp6.000, logikanya (meski tidak selalu begitu, tapi mayoritas begitu) harga waran terstruktur akan berubah ke harga sekitar Rp600. Keuntungan sekitar 20%.

Sama-sama untung tapi jumlah modal berbeda.

Contoh Kasus Waran Terstuktur Saat Rugi

Kasus sebaliknya juga mungkin terjadi. Katakanlah saham asli turun menjadi Rp4.000. Maka efek callnya juga bisa turun ke kisaran Rp400. Maka orang ini akan rugi dalam persentase sama.

Contoh Produk Waran Terstruktur

Contoh Produk Waran Terstruktur

Selalu punya karakter: efek dasarnya (underlying), penerbit, jatuh tempo kontrak, rasio konversi, dan periode perdagangannya.

Apa ini pure investasi? Jelas TIDAK. Ini adalah aset alternatif untuk spekulasi/lindung nilai.

Apa Waran Terstruktur Layak Dilirik Investor Umum?

Sebaiknya tidak. Karakternya yang ada jatuh tempo kontrak kepemilikan akan mengganggu operasi investasi jangka panjang seandainya harga efek dasarnya tidak bergerak ke arah yang diinginkan. Emosi Anda bisa terganggu tanpa alasan yang riil (fundamental perusahaan).

Karakter saham biasa yang tidak ada kontrak kepemilikan adalah FASILITAS UTAMA yang bisa dicintai setiap investor untuk hidup damai sambil menunggu hasil investasinya mekar, sembari ngopi menikmati dividen (jika ada). Waran tidak memberikan semua itu.

Aset Derivatif Adalah Senjata Pemusnah Masal

Waren Buffett sudah tersohor menyebut efek derivatif adalah “senjata pemusnah masal”. Karena karakternya yang menggoda itu akan mengajak kita spekulasi agar meraih keuntungan cepat dan besar. Kalau posisi berlawanan, kita bisa rugi lebih cepat dan lebih besar.

Kami tidak menyangkal bahwa produk derivatif seperti waren terstruktur ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ahli untuk melindungi operasi keuangan mereka, baik sebagai hedging (lindung nilai) atau lainnya. Bagi investor umum, sebaiknya jangan!


Published: 20 Sep 2022Last updated: 20 Sep 2022