Dunia kita terus berkembang dengan pesat, dipenuhi dengan kemajuan teknologi yang tak terduga. Mari kita jelajahi perpaduan menarik antara kecerdasan buatan (AI) dan robotika, yang membawa kita ke era baru yang menjanjikan.

Dalam tulisan ini, kita akan menggali wawasan dari wawancara Warren Buffet dan Charlie Munger untuk mengenali potensi luar biasa dari perkembangan ini dan melihat bagaimana AI dan robotika berdampak pada masa depan manusia serta pasar modal.

Wawancara disarikan dari acara “2023 Berkshire Hathaway Annual Meeting” yang diadakan selama 5 jam. Transkrip dan terjemahan oleh penulis. Semua kata dalam tanpa kurung adalah tambahan dari kami.


KAREN: Saat Kecerdasan Buatan (AI) dan robotika semakin maju, apakah Anda percaya akan adanya pengaruh positif dan negatif dari teknologi ini terhadap pasar modal dan masyarakat secara keseluruhan? Apakah ada industri atau perusahaan yang menurut Anda akan paling terpengaruh?

WARREN BUFFETT: Karen, terima kasih telah mengajukan pertanyaan itu kepada Charlie. Charlie?

CHARLIE MUNGER: Jika Anda pergi ke pabrik BYD di China, Anda akan melihat adanya penggunaan robotik dalam persentase yang luar biasa. Oleh karena itu, kita dapat mengharapkan adanya peningkatan penggunaan robot di seluruh dunia. Saya secara pribadi agak skeptis terhadap beberapa “hype” yang terkait dengan kecerdasan buatan (AI). Saya percaya bahwa pendekatan tradisional kecerdasan masih berfungsi dengan baik.

WB: Tidak ada hal di dunia AI yang bisa menggantikan keunikan kita sebagai manusia. Tentu saja, saya bukan ahli dalam hal ini. AI memang memiliki kemampuan yang luar biasa. Bill Gates telah menunjukkan kepada saya beberapa contoh AI yang dapat saya pahami.

Alat tersebut bisa melakukan banyak hal, tetapi tidak dapat menyampaikan lelucon dengan baik. Misalnya, dalam hal mengecek semua aspek legal dari periode awal hingga menghilangkan yang tidak diperlukan, alat tersebut sangat berguna. Namun, saya agak khawatir jika ada alat yang dapat melakukan segala sesuatu.

Karena saya tahu kita tidak akan bisa menghapus temuan tersebut.

WB: Kita tahu bahwa kita menemukan bom atom selama Perang Dunia II dengan alasan yang baik pada awalnya. Namun, ketika bom tersebut digunakan, apakah hal itu akan baik untuk 200 tahun ke depan? Kita tidak punya pilihan.

Setelah bom atom ditemukan, Einstein mengatakan, “(Nuklir) telah mengubah segalanya di dunia, kecuali cara manusia berpikir dan bertindak.”

Saya juga memiliki pandangan serupa tentang AI. Dan itu adalah langkah besar yang harus diambil.

Ini adalah pertanyaan yang bagus dan ini adalah jawaban terbaik yang dapat saya berikan.

Komentar Kami

Kata kuncinya adalah: bagaimana cara manusia berpikir dan bertindak.

Jadi, jika kita memindahkan hal tersebut ke bidang investasi dan pasar modal secara umum, bayangkanlah jika AI bertemu dengan AI? Misalkan setengah dari pelaku pasar adalah AI.

Mungkin kita teringat diskusi tentang “Moneyball” minggu lalu. Bagaimana tim berperilaku? Bagaimana masa depan pasar modal jika mayoritas pelaku pasar adalah AI?


Catatan: tulisan ini kami edit dengan bantuan AI.


Diterbitkan: 15 May 2023Diperbarui: 30 Aug 2023