Siklus Ekonomi

Siklus ekonomi atau bisa diartikan siklus bisnis umumnya terjadi seperti gambar di bawah.

Siklus Ekonomi

Siklus Awal Ekspansi

Siklus ini ditandai dengan kegiatan ekonomi mulai menggeliat dan tingkat pertumbuhan bertambah. GDP (#instavesting 35), industri, dan aktivitas ekonomi mulai stabil atau cenderung bertambah. Pengangguran berkurang, bisnis mulai menambah karyawan (biasanya temporer) untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Peningkatan belanja konsumen, kebutuhan perumahan, dan lainnya. Inflasi terjaga moderat dan mungkin berlanjut turun.

Siklus Akhir Ekspansi

Aktivitas ekonomi mengalami tingkat pertumbuhan yang pesat. Bisnis berusaha memenuhi kebutuhan karyawan penuh waktu sebagaimana persaingan gaji mulai ketat. Pengangguran trennya turun.

Peningkatan belanja semakin meluas. Usaha mulai memenuhi kebutuhan peralatan berat dan pekerjaan konstruksi besar. Inflasi sedikit meningkat.

Siklus Puncak

Aktivitas ekonomi menandakan skala pertumbuhan turun. Usaha mulai mengurangi rekrutmen karyawan. Pengangguran berlanjut turun tapi tingkat persentasenya mulai berkurang.

Belanja modal perusahaan meningkat secara cepat, tapi tingkat pertumbuhan usaha mulai melambat. Inflasi mulai meningkat.

Siklus Kontraksi (Resesi)

Aktivitas ekonomi menandakan penurunan yang nyata. Usaha mulai mengurangi jam kerja, menghentikan rekrutmen, dan bahkan diikuti oleh pengurangan karyawan. Tingkat pengangguran mulai meningkat.

Pengurangan belanja di berbagai tingkat, terutama di industri manufaktur, perumahan, barang konsumen, dan pemesanan peralatan berat. Inflasi melambat tapi dengan jeda.

Tingkat Pengangguran dan Resesi di Amerika Sejak 1948

Tingkat Pengangguran dan Resesi di Amerika Sejak 1948

Referensi: https://www.nber.org/research/business-cycle-dating

Memahami Siklus Ekonomi

Namun siklus ekonomi bukanlah ilmu pasti. Campur tangan kebijakan fiskal dan ekonomi bisa mengurangi waktu, percepatan, atau perlambatan siklus itu terjadi.

Dalam jangka panjang, umumnya siklus ekonomi terjadi seperti dalam teori. Dalam jangka pendek, siklus ekonomi mungkin bisa berubah bentuk, skala, dan waktunya.

Memahami siklus ekonomi bermanfaat bagi kita semua untuk melihat tren, tanda-tanda, dan agar kita waspada. Pahami, jangan jeri.


Published: 2 Sep 2022Last updated: 3 Sep 2022