Harga saham Arwana Citramulia Tbk (ARNA) menanjak pada beberapa hari terakhir, hari ini sudah menyentuh 425. Padahal beberapa saat sebelumnya harganya bertengger di kisaran 360-385. Saya penasaran, apakah kenaikan ini gejolak pasar saja atau ada perkembangan terbaru dari perusahaan yang belum saya ikuti.

Arwana adalah portfolio lama dalam investasi saya. Seperti sudah pernah saya evaluasi, saya menurunkan ekspektasi saya pada perusahaan ini dan posisinya di portfolio saya kurangi separuh lebih. Tapi saya masih tertarik perusahaan ini, saya masih yakin akan potensi pertumbuhannya. Ternyata hari ini saya mendapat jawabannya.

Karena situs IDX sedang dalam perawatan saat tulisan ini akan diterbitkan, maka saya mencari data dari sumber lain. Saya mendapat jawaban dari Google yang mengarahkan saya ke situs Bisnis Indonesia pada artikel ini: Arwana Citramulia Incar Penjualan 1,07T. Ada beberapa fakta di tulisan ini, ringkasannya sebagai berikut:

  • Kapasitas produksi pabrik Arwana sudah semakin terbatas, utilisasi sudah maksimal
  • Mereka akan membangun pabrik baru, dengan harapan meningkatkan produksi tambahan 10 juta m2, atau kapasitasnya naik 23%.
  • Modal untuk pabrik baru diperoleh dari 40% kas dan 60% bank. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi keuangan, yang bisa berakibat pada pemegang saham, yaitu:
    • Nilai dividen mungkin akan turun, karena modal dipakai untuk ekspansi
    • Rasio hutang bertambah, sehingga mungkin akan menambah beban operasional untuk pembayaran bunga
    • Potensi penjualan akan meningkat SETELAH pabrik baru bisa beroperasi, khususnya menjangkau pasar Kalimantan dan Sumatera.
Dari beberapa fakta tadi, ada beberapa hal yang belum bisa menjawab pertanyaan saya, misalnya kinerja perusahaan untuk tahun ini. Tapi semoga peningkatannya cukup baik. Bila memang demikian faktanya, dan kalau kenyataannya memang positif, saya bisa menambah posisi di Arwana terutama bila harganya menarik lagi.

Disclaimer: artikel ini bukan saran beli/jual saham dan investasi. Segala tindakan transaksi saham adalah tanggungjawab Anda sendiri.


Diterbitkan: 27 Jan 2012Diperbarui: 9 Feb 2022