Tulisan ini adalah lanjutan dari artikel filosofi investasi yang telah diterbitkan sebelumnya. Salah satu kriteria investasi saya adalah memilih perusahaan yang bagus. Pertanyaannya, bagaimana perusahaan bagus itu? Saya akan mencoba menguraikan kriteria dengan pemahaman yang paling saya pahami secara awam tentang bagaimana perusahan bagus.

Berikut saya sarikan beberapa ide perusahaan bagus yang saya peroleh dari berbagai sumber dan bacaan:

  1. Produk atau jasa yang dijual punya nilai lebih. Pengertian umumnya adalah produk/jasa yang dijual perusahaan menarik. Hal ini bisa berarti mempunyai kualitas tinggi, bermutu, brandnya kuat, ikatan/kerjasama khusus yang bagus, dan juga kriteria-kriteria lainnya yang bisa terukur. Intinya kita cari moat, kita cari kekhususan dan keistimewaan produk/jasa mereka. Kita bisa mencoba produk/jasa tersebut bila kita bisa mengaksesnya atau dijual umum. Bila tidak bisa, kita harus cari cara lain, agar kita bisa mengetahuinya.
  2. Keuangannya sehat. Sehat artinya rasio hutangnya (kewajiban) rendah. Semakin tinggi hutang, semakin besar beban perusahaan untuk membayar bunganya. Beban bunga tinggi akan menggerus keuntungan. Namun sehatnya perusahaan tidak melulu hanya hutang. Kadangkala ada kondisi persediaan terlalu besar, maka kas jadi minus. Akhirnya memaksa hutang atau pertumbuhan terhambat. Dalam keadaan lain, meski tidak mencari hutang, ada kalanya perusahaan berusaha mencari uang orang lain, misal menerbitkan saham baru. Pada
  3. Pertumbuhan keuntungan yang menjanjikan (dan stabil). Setelah keuangan yang sehat, pada akhirnya adalah keuntungan. Namun kita tak boleh terlalu puas melihat keuntungan melejit dalam sekali tahun buku. Kita harus memastikan bahwa keuntungan perusahaan tersebut menjanjikan, lebih-lebih stabil. Dengan mendapat jaminan keuntungan yang menjanjikan, investasi kita tidak akan sia-sia karena akan tumbuh. Bila perusahaan berkembang, tentu harga sahamnya akan naik.
  4. Manajemen yang jujur, berintegritas, kompeten, dan ramah pada pemegang saham minoritas. Sebenarnya kriteria ini adalah kriteria lain dalam tulisan saya sebelumnya. Tapi manajemen adalah bagian dari perusahaan. Adalah konyol memilih perusahaan bagus dan mempunyai profitabiitas tinggi tetapi manajemennya suka mengambil uang kita. Kita perlu mengenal karakter manajemen. Kriteria ini paling sulit dan saya sendiri masih belajar banyak untuk mengetahuinya. Saya akan menuliskan dalam tulisan lain untuk mengulas bagaimana mengukur manajemen ini.
Saya rasa itu dulu kriteria singkat perusahan yang bagus ini. Tentu kriteria ini bisa dikembangkan lebih luas lagi. Misal, tentang produk/jasa, kita bisa menambahkan tentang bagaimana kompetisinya. Dalam keuangan, kita bisa menambahkan kriteria keuangan yang bagus, bagaimana rasio hutang dan aset, bagaimana posisi aliran kas, dst. Tentang keuntungan, kita juga bisa tambahkan bagaimana cara manajemen meningkatkan keuntungan, seberapa keuntungan tersebut bisa terpelihara, bagaimana siklus bisnis berpengaruh terhadap keuntungan. Tentang manajemen, kita tentu bisa mengembangkan juga. Ada banyak hal lain yang bisa kita diskusikan dalam tulisan-tulisan lainnya.

Selamat memilih perusahaan yang bagus untuk investasi Anda!


Diterbitkan: 9 Jan 2012Diperbarui: 9 Feb 2022