eASY.KSEI AKSES

Panduan Mengikuti RUPS di AKSES eASY.KSEI

Posted on

Ikuti panduan ringkas tata cara untuk mendaftar, memberi suara, mengikuti, dan memanfaatkan fasilitas RUPS di eASY.KSEI di AKSes.KSEI.

Apa itu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)?

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) adalah bagian penting dari struktur korporasi modern. RUPS ringkasnya adalah keputusan paling atas dari sebuah struktur perusahaan.

RUPS biasanya memutuskan sebagian hal-hal berikut: mengubah anggaran dasar, mengangkat/memberhentikan dewan direksi dan dewan komisaris, mengangkat/menghentikan dewan komite audit, penentuan renumerasi, pembubaran perseroan, merger, akuisisi, penerbitan saham baru, pembelian saham kembali, penetapan penggunaan laba, penetapan pembagian dividen, dan menerima laporan keuangan secara final. Dan mungkin masih ada variasi kecil lain.

Baca: Apa itu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)?

Hak Investor Publik sebagai Pemegang Saham Perusahaan terbuka

Pemegang saham perusahaan terbuka yang memiliki sebagian kecil saham bagian modal perseroan (perusahaan) biasanya disebut pemegang saham minoritas. Pemegang saham yang juga pengendali dan biasanya pemilik usaha disebut sebagai pemegang saham mayoritas (kepemilikannya banyak).

Sebagai investor saham di sebuah perusahaan publik, kita juga diakui memiliki bagian dari perusahaan beserta hak-haknya, seperti:

  • Hadir dan memberi suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
  • Mendapatkan dividen
  • Dalam RUPS itulah urusan-urusan legal dan formal hak pemegang saham diputuskan. Hak-hak pemegang saham minoritas misalnya:
    • meminta RUPS
    • meminta/menyetujui pembelian saham kembali
    • hak memerika perseroan
    • menggugat direksi/komisaris atas nama perseroan
    • menggugat perseroan
    • mengusulkan pembubaran perseroan

Setiap investor publik yang memiliki hanya satu (1) lembar saham pun secara hukum berhak mengikuti RUPS. Pemegang saham (atau kuasanya) bisa hadir langsung dalam kegiatan RUPS atau mengikutinya melalui aplikasi eASY.KSEI yang jadi bagian situs AKSES di situs KSEI.

Kita bahas satu-satu, ya.

Apa itu KSEI?

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) adalah salah satu self-regulatory organization (SRO) di Bursa Efek Indonesia, selain BEI dan KPEI.

KSEI ibaratnya adalah gudang pencatatan harta investor di pasar modal. Melalui KSEI inilah investor publik bisa mengecek jumlah harta investasi mereka di pasar modal dalam berbagai aset lainnya, misalnya: aset saham, obligasi/sukuk, sbn, reksadana, dan mungkin aset efek lainnya (jika nanti ada).

Sekilas Fasilitas AKSES di KSEI

Berikut sekilas syarat dan info ringkas fasilitas AKSES di KSEI:

Setiap investor yang terdaftar di salah satu broker di Indonesia diidentifikasi dengan Single Investor Identification (SID). Ini mirip nomor identitas asetmu. Kalau kamu punya aset di saham, reksadana, dan obligasi, semuanya akan memakai SID yang sama. Setiap SID berhak membuat akun di fasilitas AKSES yang menjadi bagian dari situs KSEI.

Jika belum punya akun AKSES, hubungi broker untuk prosedur pendaftaran AKSES di KSEI. Gratis tidak ada pungutan biaya.

Fasilitas utama AKSES:

  • Pemantauan kepemilikan portofolio efek dan nilainya selama 30 hari terakhir
  • Konsolidasi seluruh asetnya di rekening efek yang terpisah di berbagai broker dan aset
  • Mendapat fasilitas eASY.KSEI (sebagai bagian integral dari KSEI) dan hak setiap investor publik untuk urusan RUPS.

Apa itu Aplikasi eASY.KSEI?

eASY.KSEI adalah aplikasi untuk memfasilitasi investor publik mendapatkan haknya terkait penyelenggaraan RUPS. Aplikasi eASY.KSEI bisa tersedia di alamat ini: https://akses.ksei.co.id/

Melalui aplikasi eASY.KSEI ini investor publik bisa:

  • Mengikuti pengumuman RUPS
  • Memberi suara dalam agenda RUPS tersebut
  • Mengikuti RUPS melalui jaringan virtual
  • Mengikuti pengumuman hasil RUPS

Ketentuan umum eASY.KSEI bagi investor publik:

  • Setiap ada undangan RUPS akan muncul di eASY.KSEI jika kamu memiliki sahamnya hingga cum-date RUPS
  • Setiap pemegang saham yang telah berhak mengikuti RUPS bisa memasukkan suara sebelum kegiatan RUPS, atau beberapa saat sebelum keputusan RUPS ditetapkan
  • Pemegang saham bisa mengakses link untuk mengikuti RUPS secara virtual melalui aplikasi live streaming yang ada.

Panduan Umum Mengikuti RUPS Melalui Aplikasi eASY.KSEI

Pertama, buka situs AKSES di KSEI (https://akses.ksei.co.id/login). Masukkan username dan kata sandi (password).

AKSES di KSEI
Halaman login AKSES di KSEI

Kedua, setelah Anda berhasil login. Anda telah masuk ke fasilitas AKSES KSEI.

Menu ke fasilitas eASY.KSEI
Menu ke fasilitas eASY.KSEI (klik untuk versi besar)

Kamu bisa melihat Portofolioku untuk melihat kondisi semua aset efekmu yang ada ada berbagai rekening efek. Kamu juga bisa mengakses info edukasi di “Pusat Informasi” dan “Pusat Edukasi”. Untuk mengunduh dokumentasi AKSES bisa klik “Panduan”.

Fasilitas eASY.KSEI terdapat di menu tersebut. Saat kursor di atasnya akan terbuka dua sub menu, yaitu: Login eASY.KSEI dan Tayangan RUPS.

Ketiga, bagi penggunaan eASY.KSEI pertama kali kamu mungkin diminta memasukkan Nomor KTP atau data lain serta password. Ikuti dan masukkan data tersebut. Nomor KTP sudah jelas. Untuk password saya lupa lupa apakah ini password KSEI atau lainnya. Selama ini penggunaan selanjutnya saya hanya perlu login via AKSES dan otomatis terhubung dengan eASY.KSEI.

Keempat, aplikasi eASY.KSEI yang tampilannya seperti di bawah ini.

Fasilitas eASY.KSEI
Fasilitas eASY.KSEI (klik untuk versi besar)

Melalui aplikasi eASY.KSEI ini kamu bisa mendaftarkan kuasamu untuk menghadiri RUPS juga. Setiap kuasa bisa login melalui eASY.KSEI dan membantu investor melaksanakan haknya dalam RUPS.

Setiap investor bisa memasukkan suara melalui RUPS. Dokumen agenda RUPS, tata cara memasukkan suara bisa diikuti lebih lanjut.

Contoh tampilan di atas adalah agenda RUPS untuk sebuah emiten yang mengadakan RUPS Umum dan RUPS Luar Biasa (dua agenda). Sebagai investor kita bisa memasukkan suara jauh hari sebelum RUPS dilaksanakan.

Empat menu di eASY.KSEI:

  • Operations for Shareholders: untuk pemegang saham yang mengikuti RUPS sendiri
  • Operations for Representatives: untuk kuasa
  • E-Meeting Hall: untuk mengakses tayangan virtual RUPS secara langsung (live)
  • Vote Result Report: untuk melihat hasil keputusan RUPS yang telah selesai.

Tata Cara Memasukkan Suara di APlikasi eASY.KSEI

Kondisi gambar di atas (Fasilitas eASY.KSEI) terlihat saya telah memasukkan suara untuk agenda RUPS Luar Biasa (Extraordinary General Meeting). Namun saya belum memasukkan suara untuk RUPS biasa (General Meeting).

Cara Mengalihkan Kuasa Suara ke Wakil

Tata Cara Pengalihan Suara di eASY.KSEI
Tata Cara Pengalihan Suara di eASY.KSEI (klik untuk versi besar)

Cara Memasukkan Suara (vote) dalam eASY.KSEI

Tata cara memasukkan suara (vote) dalam RUPS melalui eASY.KSEI bisa diikuti melalui gambar di bawah ini:

Tata Cara Memasukkan Suara Melalui eASY.KSEI
Tata Cara Memasukkan Suara Melalui eASY.KSEI (klik untuk melihat versi besar)

Pertama, meskipun kita memiliki saham melalui beberapa rekening (terlihat di gambar ada tiga rekening), namun hak kita dalam memasukkan surara dalam RUPS hanya satu kali. Bobot suara kita sesuai dengan jumlah lembar saham yang kita miliki.

Kedua, kita bisa memasukkan suara kita dengan klik tombol: menerima (Accept), menolak (Reject), atau Abstain per tiap agenda RUPS. Terlihat seperti dalam gambar di atas saya menerima semua agenda kecuali Agenda #5 (Reject) dan Agenda #6 (Abstain). Klik Save untuk menyimpan suara.

Daftar Suara Aplikasi eASY.KSEI
Daftar Suara Aplikasi eASY.KSEI (klik untuk melihat versi besar)

Setelah suara tersimpan, halaman utama RUPS Anda akan melaporkan “Vote Recorded“.

Investor juga bisa mengubah suara dengan mengakses menu Change.

Mengikuti RUPS Live di Tayangan RUPS

Ada banyak pertanyaan di media sosial, kenapa dirinya sudah memiliki saham hingga cum-date tapi belum hadir. Ternyata mereka belum pernah deklarasi hadir (pilih “in person”). Meski kehadiran via RUPS virtual, tapi deklarasi ini tetap diperlukan. Sama juga seperti niat berpartisipasi langsung jika nanti pembatasan karena pandemi sudah tidak ada.

Menu "Ikuti Acara" RUPS di eASY.KSEI
Menu “Ikuti Acara” RUPS di eASY.KSEI

Jika investor telah mendeklarasi hadir di RUPS, dia berhak mengikuti tayangan RUPS langsung yang ada di eASY.KSEI. Sehari menjelang RUPS dan pada hari-H, investor akan menjumpai link seperti ini di halaman Tayangan RUPS. Link masih tidak aktif sehari sebelumnya. Link akan aktif pada hari-H.

Baca: Sikap Pemilik vs Sikap Spekulator

Tips dan Kesimpulan

Demikian panduan memanfaatkan fasilitas eASY.KSEI untuk mengikuti RUPS. Dengan memahami prosedur mendaftar, mengisi suara, dan mengikuti RUPS; maka investor bisa memanfaatkan haknya sebagai pemilik sebagian saham perusahaan.

Perspektif menjadi pemilik bagian dari perusahaan akan bisa sangat menyelamatkan investor sebelum membeli sahamnya dan saat memiliki sahamnya. Salah satu cara melatih sikap/mental menjadi pemilik adalah dengan berpartisipasi dan mengikuti proses RUPS. Jika dilatih dalam jangka panjang, sikap ini akan menjadi pembiasaan.

Dokumentasi eASY.KSEI bisa mengunduhnya di sini (419 KB). Situs eASY.KSEI bisa diakses di https://akses.ksei.co.id/