Mengenal Alat Riset Investasi di AseanExchanges

Mengenal Alat Riset di AseanExchanges

Posted on

Artikel ini akan memperkenalkan fasilitas alat riset yang ada di AseanExchanges beserta tutorial memanfaatkannya.

Pada 12 Oktober 2021 lalu akun medsos Bursa Efek Indonesia (IDX) mengenalkan AseanExchanges via IG-nya. Setelah mempelajari cukup intensif, kami ingin memperkenalkan beberapa alat riset (gratis) yang ada di situs tersebut untuk menunjang kegiatan riset dan investasi kita.

Tutorial Versi Video di YouTube

Apa itu AseanExchanges?

AseanExchanges adalah kolaborasi resmi dari enam bursa efek yang ada di negara-negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, dan Vietnam. Kolaborasi ini punya maksud untuk sinergi dan promosi untuk pertumbuhan pasar modal di ASEAN.

Ini merupakan suatu kerjasama yang bagus. Kolaborasi ini bisa diharapkan meningkatkan aktivitas bursa seluruh anggotanya. Misalnya, potensi masuknya investor asing ke bursa di Indonesia, atau sebaliknya investor Indonesia bisa mengakses lebih banyak akses pasar modal di negara-negara ASEAN. Yuk.. Investor Indonesia harus makin maju dan canggih. Kita harus kuasai

Fasilitas Situs AseanExchanges

Fasilitas utama situs AseanExchange seperti biasa memperkenalkan masing-masing bursa, berita (apa adanya), promosi investasi, juga beserta tautan ke penyelangara data dan jasa lainnya. Menariknya, ada dua fasilitas alat riset yang disediakan situs AseanExchanges, yaitu: Screener dan Comparison Chart. Ada satu lagi fasilitas tersembunyi yang menurut saya juga sangat menarik. Dan semuanya tersedia gratis. Kita ulas semuanya yuk!

Alat (tools) riset di AseanExchanges
Alat (tools) riset di AseanExchanges

Screener adalah alat riset untuk membandingkan saham dari rasio-rasio keuangan dan rasio valuasi yang tersedia. Jika Anda tertarik berinvestasi di negara ASEAN lain, fasilitas screener juga memungkinkan untuk membandingkan kinerja perusahaan antar negara.

Comparison Chart adalah alat riset untuk membanding grafik indeks antar sektor. Anda juga bisa membandingkan indeks lintas negara sehingga bisa mengukur performa industri kita versus negara lain.

Fasilitas tersembunyi satu lagi adalah berupa data ringkas perusahaan.

Saya sudah mencoba semua. Mari kita kenal satu-satu fasilitasnya.

Screener di AseanExchanges

Melalui alat Screener ini pengguna bisa menyaring dan menemukan saham-saham berdasarkan kriteria (filter) dari: pilihan bursa, sektor, dan saringan Advanced Filter. Saringan Advanced Filter menyediakan kriteria yang cukup lumayan, meliputi beberapa metrik pasar, kinerja, valuasi, dan keuangan.

Opsi saringan di Advanced Filter:

  • Price Range atau kisaran harga
  • Market Capitalization atau kapitalisasi pasar
  • P/E Ratio atau rasio harga dibanding ekuitas
  • P/BV atau rasio harga dibanding nilai buku (book value)
  • ROE% atau rasio laba dibanding ekuitas (dalam %)
  • D/E Ratio atau rasio debt dibanding ekuitas (dalam kali)
  • Dan, Dividen Yield atau rasio dividen dibanding harga saham (dalam persen).

Pada ilustrasi gambar di atas, saya mencoba alat screener untuk menyaring saham-saham di Bursa Efek Indonesia (Indonesia Stock Exchange) dengan mengaplikasikan tiga saringan, yaitu: market cap, P/E ratio, dan D/E Ratio. Screener menemukan ada 97 perusahaan yang masuk dalam kriteria ini.

Ada satu kelemahan dari fasilitas ini yang saya temukan, ukuran saringan mempunyai lompatan yang tidak bisa diubah. Misalnya untuk rasio P/E, dari kisaran Min (minimum) hingga Maksimum, pengguna diberi opsi mengubah range dari 0, 0.73, 2,01, 4.21, 8.04, 14.67, dan langsung lompat ke 26.16, 46.10, dst. Untuk rasio lain juga demikian. Lompatannya terlalu jauh. Pengguna harus menerima fasilitas apa adanya alih-alih jika ingin menyaring perusahaan dengan rasio P/E di bawah 17, itu tidak akan bisa dilakukan. Dia harus memilih titik tertinggi 26.16.

Nilai keuangan bisa diubah dalam notasi USD (dolar Amerika Serikat) atau IDR (rupiah) dengan mengklik ikon ($) di atas tabel.

Ya, meski ada kelemahan seperti di atas, menurut saya fasilitasnya cukup lengkap. Apalagi gratis. Semoga fasilitas ini ada gratis selamanya. Amiiiin 🙏🏻

Alat Screener di AsenExchanges bisa diakses di: https://aseanexchanges.com/#/Tools/Screener

Screener sederhana ini sudah cukup sebagai senjata rahasia value investor untuk mencari perusahaan-perusahaan yang menarik sebelum melakukan analisa lengkap.

(Psst… promosi tak tahu malu, bagi yang mau belajar bisa join Mentoring Analisa).

Fasilitas Chart di AseanExchanges

Memakai alat Chart di AseanExchanges ini pengguna bisa membandingkan kinerja beberapa sektor di beberapa bursa saham dari beberapa periode yang tersedia hingga maksimal 5 tahun. Saya bisa membayangkan untuk memanfaatkan fasilitas ini untuk mencari industri yang sedang tren turun (downtrend) selama beberapa tahun. Dari sana bisa dieksplorasi untuk mencari perusahaan yang murah lewat Screener.

Misalnya di atas, kita melihat tren sektor real estate di Indonesia kinerjanya lebih rendah dibanding IHSG (composite).

Fasilitas Data Ringkas Perusahaan

Fasilitas ini adalah sebuah rahasia yang harus diketahui investor serius. Dan juga gratis. Semoga ya selamanya ada gratis. Amiin.

Ada dua cara untuk melihat data ringkas perusahaan:

  • Dari daftar saham dari Screner, klik tautan nama perusahaan.
  • Dari tombol kaca pembesar dengan tulisan “Quotes” yang ada di setiap kanan halaman, masukkan nama perusahaan, misalkan: “BRI” atau ketik “BBRI”, nanti akan muncuk rekomendasi nama-nama yang sesuai. Karena BBRI istilah unik, maka hanya ketemu saham BBRI. Kemudian klik tombol “Search”. Lihat gambar di bawah. (Disclaimer: saya saat tulisan ini dibuat tidak punya sahamnya)
Cari BBRI
Cari BBRI di menu Quotes

Setelah itu pengguna akan diantarkan ke halaman Data Ringkas BBRI denga tampilan seperti di bawah ini.

Data Ringkas BBRI di AseanExchanges
Data Ringkas BBRI di AseanExchanges per 21 Oktober 2021 (klik untuk melihat versi besar)

Data Ringkas di AseanExchanges menurut saya menyediakan data super ringkas tapi juga komprehensif. Fasilitas grafik di atas hanya bisa dilihat minimal tahun 2019. Selain harga aktual, yang saya suka adalah data perubahan rasio-rasio antar tahun di bawah. Data ini saja sudah cukup bermanfaat untuk membaca pola atau siklus yang terjadi di perusahaan, baik dari sisi harga pasarnya, valuasinya, kinerja profitabilitasnya (ROE), kesehatan keuangannya, dan dividen. Cukup menarik.

Penutup dan Kesimpulan

Saya tidak tahu sejak kapan situs AseanExchanges ada. Domainnya sih sudah ada sejak 2010. Apa pun, ini merupakan sebuah awal yang bagus.

Data dan fasilitas yang disediakan menurut hemat saya sudah cukup komprehensif dan lengkap. Dengan segala keterbatasannya, data-data di atas sudah bisa memberi investor publik banyak informasi yang akurat. Apalagi tersedia gratis.

Motivasi saya menyediakan artikel ini agar publik bisa memanfaat fasilitas yang ada ini untuk sebesar-besarnya maslahat. Investor harus makin pintar agar kesejahteraan masyarakat di negara kita tumbuh.

Semoga bermanfaat.