Memperkenalkan, Portofolio Bolasalju Edisi 2023: Alpen dan Carstensz.

Apa itu Portofolio Bolasalju?

Portofolio Bolasalju adalah model portofolio yang kami gunakan sebagai media pembelajaran risiko dan potensi investasi di pasar modal.

Model portofolio tersebut adalah portofolio riil yang didanai dari dana pribadi kami sendiri. Model portofolio akan merekam transaksi dan posisi investasi di akhir periode. Dari model itu pembelajar bisa mengetahui perjalanan investasinya: apakah naik, turun, salah, benar, rugi, atau untung.

Pembelajar diharapkan bisa membuat keputusan investasi mandiri berdasarkan referensi yang kami sediakan berupa: riset, analisa, data, dan jejak historis model portofolio itu.

Dengan inilah kami berbagi edukasi, menyediakan riset, dan menguji “diri” kami sendiri. Penamaan kedua portofolio meminjam nama pegunungan bersalju yang terkenal.

Portofolio Alpen

Portofolio Alpen mempunyai tujuan menghasilkan perolehan positif sedikit di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan besar, berisiko rendah, pertumbuhan usaha stabil hingga tinggi, dengan harga yang masuk akal.

Portofolio ini didesain untuk investor umum, karyawan, atau mereka yang sibuk agar bisa menemukan strategi investasi yang tepat bagi mereka sendiri.

Portofolio ini bisa diakses oleh pelanggan Riset Saham Bolasalju (terbit awal Januari 2023).

Portofolio Carstensz

Portofolio Carstensz (sebelumnya bernama Portofolio Bolasalju) mempunyai tujuan menghasilkan perolehan di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan dengan keunggulan kompetitif dan/atau harganya punya batas aman dibanding nilai intrinsik jangka panjangnya.

Portofolio ini didesain untuk investor serius yang ingin mengejar performa lebih besar dan siap dengan risiko fluktuasi yang lebih tajam.

Portofolio ini bisa diakses oleh member Klub Investor Bolasalju.

Kenapa Ada Dua Portofolio Bolasalju?

Kami percaya metode “walk the talk” (perjalanan investasi riil) atau prinsip “teaching by example” adalah cara terbaik bagi kami dan Anda untuk pembelajaran risiko dan potensi investasi dalam jangka panjang. Cara paling sederhana untuk menunjukkan apa yang kami lakukan adalah dengan pembuktian kinerja.

Ekspektasi dari kedua portofolio adalah sebagai edukasi dan sekaligus evaluasi strategi investasi yang kita lakukan. Setiap orang bisa salah atau benar dalam kegiatan investasinya. Saat kita benar, kita bisa menampilkannya secara adil berdampingan dengan profil risiko yang muncul selama perjalanan investasi.

Karakter Ringkas Portofolio
Karakter Ringkas Portofolio Bolasalju

Kebijakan Portofolio Kami

Portofolio tidak menggunakan dana margin/pinjaman. Portofolio tidak masuk instrumen lain seperti opsi (jika ada), reksadana saham/campuran, ETF, obligasi, futures, kripto, dll.

Seluruh kinerja Portofolio kami, baik yang aktif atau pun portofolio arsip bisa dipantau di halaman: https://www.bolasalju.com/kinerja/

Kedua Portofolio ini dihadirkan menggantikan portofolio privat seperti “Portofolio Keluarga” dan “Portofolio Berkala” yang kami istirahatkan dan telah memperoleh kinerja lebih dari lumayan.

Kinerja Portofolio arsip merekam perjalanan investasi:

  • “Portofolio Keluarga”, kinerja 735,36% (2010-2020)
  • “Portofolio Berkala”, kinerja 125,43% (2015-2022)

Keterangan

Postingan statis bisa dicek di feed IG kami per 27 Desember 2022 ini.


Disclaimer/Penafian: Investasi di pasar modal punya risiko. Kedua model portofolio bukan merupakan ajakan atau rekomendasi jual atau beli saham, melainkan sebuah materi edukasi. Pelanggan bertanggungjawab atas segala keputusan investasi yang mereka lakukan sendiri.


Published: 29 Dec 2022Last updated: 3 Jan 2023