Terima kasih atas dukungannya kepada Bolasalu dengan menjadi member, pelanggan, atau mengikuti media sosial kami. Semoga Anda mendapatkan manfaat dengan belajar dan tumbuh melalui semua publikasi, edukasi, dan riset yang kami sediakan.

Sebagai tradisi tahunan, kami akan selalu mengevaluasi performa kegiatan investasi yang kami lakukan.

Ringkasan Kinerja Tahun 2022

Mulai tahun 2023, kami memperkenalkan dua model portofolio Bolasalju yang bernama Alpen dan Carstensz.

Portofolio Bolasalju merupakan rekening investasi riil yang didanai dari dana pribadi pengelola. Melalui kedua model portofolio inilah kami bisa mengajarkan risiko dan potensi investasi di pasar modal dengan mengetahui perjalanan kinerjanya: apakah naik, turun, rugi, atau untung.

Karena Portofolio Alpen dimulai pada Januari 2023, maka periode ini kami hanya menampilkan kinerja Portofolio Carstensz yang telah dimulai sejak 2021 lalu.

Pada akhir tahun 2022 Portofolio Carstensz memperoleh kinerja sebesar 12,84%, atau kinerja akumulasi sebesar 21,11% jika dihitung dari sejak awal model portofolio ini dimulai pada Januari 2021.

Sementara itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memperoleh kinerja sebesar 4,09% dibanding akhir tahun lalu. Performa reksadana saham yang diwakili oleh sebuah Indeks Reksadana Saham (yang tidak bisa kami sebut namanya) memperoleh kinerja -2,29% untuk tahun 2022.

Kami bersyukur performa model portofolio kami bisa melebihi kinerja dengan selisih +8,75% terhadap IHSG atau selisih +15,13% terhadap Indeks Reksadana Saham. Ini membuktikan strategi dan upaya yang kami lakukan masih di jalur yang tepat.

Titik tolak strategi kami pada tahun 2022 adalah konservatisme meski tetap berani dalam koridor konsentrasi. Kami sempat menikmati panen di awal tahun dari sektor komoditas, kemudian melepaskannya.

Mengingat situasi ekonomi dan outlook industri yang masih belum terang, kami akan memelihara strategi saat ini yang konservatif dengan tetap melihat peluang saham-saham yang punya nilai lebih baik dibanding yang ditawarkan pasar.

Member Klub atau pelanggan riset bisa mempelajari posisi dan transaksi yang ada di kedua model portofolio tersebut sebagai referensi untuk membuat keputusan investasi mandiri.

Ringkasan Kinerja Portofolio Bolasalju Tahun 2022

Disclaimer: Pelaporan ini dimaksudkan sebagai edukasi, bukan ajakan jual/beli saham. Setiap investor berbeda kondisi permodalan, psikologi, waktu, dan peluangnya.

Portofolio Carstensz

Portofolio Carstensz adalah model portofolio investasi riil yang didanai sebesar Rp132,7 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, tidak ditambah, dan telah dimulai sejak Januari 2021.

Portofolio Carstensz (sebelumnya bernama Portofolio Bolasalju) mempunyai tujuan menghasilkan perolehan di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan dengan keunggulan kompetitif dan/atau harganya punya batas aman dibanding nilai intrinsik jangka panjangnya. Portofolio ini didesain untuk investor serius yang ingin mengejar performa lebih besar dan siap dengan risiko fluktuasi yang lebih tajam.

Kinerja Portofolio Carstensz Tahun 2022

Portofolio ini bisa diakses/dilihat oleh member Klub Bolasalju aktif.


Portofolio Alpen

Portofolio Alpen adalah model portofolio investasi riil yang didanai dengan dana awal sebesar Rp10 juta dari dana pribadi pengelola Bolasalju, akan ditambahkan sebesar Rp1 juta per bulan hingga total aset mencapai Rp100 juta.

Portofolio Alpen mempunyai tujuan menghasilkan perolehan positif sedikit di atas IHSG dalam jangka panjang. Untuk mencapai hal itu kami akan berinvestasi dalam perusahaan besar, berisiko rendah, pertumbuhan usaha stabil hingga tinggi, dengan harga yang masuk akal.

Portofolio Alpen didesain untuk investor umum, karyawan, atau mereka yang sibuk agar bisa menemukan strategi investasi yang tepat bagi mereka sendiri.

Portofolio Alpen bisa diakses oleh pelanggan Riset Saham Bolasalju (terbit awal Januari 2023).


Anda tunduk pada Disclaimer.


Published: 3 Jan 2023Last updated: 6 Jan 2023