Konversi Portofolio Virtual Ke Portofolio Bolasalju Mulai Januari 2021

Posted on

Portofolio Virtual adalah fasilitas layanan Klub Investor Bolasalju sebagai contoh dan inspirasi operasi investasi jangka panjang.

Tujuan dan Ekspektasi

Tujuan dibuatnya Portofolio Virtual yang kemudian menjadi Portofolio Bolasalju adalah memberi manfaat sebagai contoh dan inspirasi langkah investasi jangka panjang menggunakan strategi aktif dengan menganut paradigma investasi nilai. Ekspektasi lainnya adalah portofolio ini sebagai sebuah cara kami untuk menguji dan mengevaluasi strategi investasi yang kita lakukan. Kita semua bisa salah dalam memilih saham dan melakukan operasi investasi.

Kami akan melakukan sedikit perubahan yang akan mulai berlaku mulai awal tahun 2021.

Latar Belakang

  • Ide Bolasalju diluncurkan pada Mei 2018, konsepnya sederhana: setiap ide baru dengan upside lumayan juga dianggap transaksi investasi. Ide model ini kita pantau hingga akhir 2019. Detail mekanismenya di sini.
  • Mulai Januari 2020, konsep berevolusi: 1) Ide hanyalah sebuah analisa berupa ide investasi dengan upside lumayan, tapi tanpa transaksi; 2) kami bisa menerbitkan transaksi kapan pun yang merupakan posisi investasi portofolio virtual dan kita pantau; 3) modal awal Rp100 juta memakai dana virtual dan kami pantau hingga akhir 2020. Detail mekanismenya bisa diakses di sini.

Konversi Portofolio Virtual ke Portofolio Bolasalju

  1. Kami akan menutup Portofolio Virtual memakai data harga penutupan bursa pada Senin, 21 Desember 2020
  2. Dari jumlah dana tersebut (poin #1), jumlah tersebut akan kami konversikan menjadi Portofolio Bolasalju menggunakan dana riil di sebuah akun broker.
  3. Mekanisme transaksi di Portofolio Bolasalju adalah transaksi riil di bursa dan akan dilaporkan pada hari kerja berikutnya. Berbeda dengan transaksi Portofolio Virtual yang seperti simulasi, kami kadang mencari harga termahal untuk beli dan harga termurah untuk jual.
  4. Kami akan mulai transaksi di Portofolio Bolasalju paling cepat Januari 2021 jika proses administrasi rekening di broker lancar. Jika ada penundaan, kami akan memulai transaksi awal 1 Februari 2021. Tujuannya agar Member KIB bisa memantau laporan akun broker yang bersih.
  5. Kinerja aktual Portofolio Bolasalju salinannya bisa diikuti secara aktual di spreadsheet yang kami bagikan untuk Member Klub Investor Bolasalju

Mekanisme Analisa Ide Bolasalju dan Portofolio Bolasalju

Analisa Ide Bolasalju

  • Analisa hanya bersifat sebuah analisis, bukan analisa untuk mendukung suatu kegiatan investasi seperti pada tahun 2019. Obyektifnya, kami bisa menerbitkan Ide Bolasalju lebih banyak tanpa harus mengambil posisi investasi, sehingga lebih banyak pilihan untuk Member KIB.
  • Setiap analisa yang masuk Ide Bolasalju akan tampil di halaman Ide.
  • Sifat analisa Ide Bolasalju terdiri dari beberapa kategori rekomendasi: BELI, JUAL, KELUAR, dan PERINGATAN. Analisa terproteksi lain tidak mempunyai kategorisasi ini.
  • Karena sifat waktu dan kecepatan, kami bisa menerbitkan analisa ringkas berupa pointer-pointer untuk mendukung argumen Ide Bolasalju.

Portofolio Bolasalju

  • Portofolio Bolasalju (selanjutnya disebut Portofolio) adalah sebuah portofolio investasi riil di sebuah akun broker. Semua biaya, pajak, dan komisi berlaku seperti pada umumnya.
  • Portofolio hanya bertransaksi dalam saham-saham yang lolos Ide Bolasalju (analisa di atas). Tidak ada batasan transaksi per saham. Batasan transaksi hanyalah jumlah dana yang ada dalam portofolio.
  • Basis dana awal portofolio sejak 1 Januari 2021 mengikuti dana akhir penutupan pada Senin 21 Desember 2020 sebesar Rp 132.762.490. Dana tersebut adalah jumlah yang diperoleh dari kinerja investasi virtual akhir tahun 2020 dari modal Rp100.000.000. Selanjutnya tidak akan akan ada tambahan dana. Jumlah dana ini diharapkan realistis, tidak terlalu kecil, tapi juga tidak terlalu besar, sehingga beberapa posisi ide diharapkan bisa dilakukan oleh siapa saja.
  • Basis Unit Portofolio tetap sejumlah 86.090,1275 unit. Tidak berubah dari awal tahun 2020.
  • NAB/UP (indeks) Portofolio akan dimulai 1.542,1337, mengikuti penutupan Senin 21 Desember 2020.
  • Transaksi Portofolio terjadi riil dan akan dilaporkan pada hari kerja selanjutnya (atau jika ada penundaan beberapa hari sebelumnya dengan bukti dari broker). Setiap laporan transaksi akan dimuat di rubrik portofolio (terproteksi).
  • Jumlah Saham Portofolio tidak ada batasan. Meskipun kami menyukai posisi minimalis.
  • Biaya dan Beban Portofolio akan memasukkan semua komponen: laba, dividen , pajak, biaya dan komisi lainnya. Jadi setiap kerugian, tambahan dana dari dividen, dan keuntungan akan mempengaruhi kinerja portofolio.
  • Sinkronisasi Nilai Portofolio di broker dan sheet kinerja akan kami lakukan setelah ada data laporan konsolidasi bulanan dari broker. Ini mengantisipasi ada kemungkinan perbedaan nilai di broker dan sheet. Laporan broker menjadi rujukan utama.
  • Pelaporan kinerja portofolio dilakukan bulanan. Kinerja dicatat dalam model reksadana. Sheet kinerja bisa dilihat secara aktual oleh member.
  • Kinerja Portofolio Virtual aktual dalam arsip masih bisa dipantau perkembangannya. Beberapa saham non-growth yang telah mencapai harga layak akan kami keluarkan pada waktunya nanti.

Notifikasi Ide dan Transaksi Portofolio Bolasalju

  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap terbit analisa baru (apa pun).
  • Kami akan mengirim notifikasi via email kepada Anggota aktif setiap ada transaksi beli/jual/dividen dalam Portofolio Bolasalju.
  • Notifikasi ide dan transaksi akan dikirim via email ke pelanggan yang terdaftar. Mohon mengecek aturan spam/filter email masing-masing.

Peringatan dan Disclaimer

  • Ide Bolasalju (analisa ide) akan kami gunakan pula sebagai basis keputusan investasi kami. Kami memakan masakan kami sendiri.
  • Kami tidak menjanjikan posisi Portofolio Bolasalju sama dengan portofolio pribadi.
  • Segala sifat analisa, rekomendasi, dan transaksi dalam Ide Bolasalju dan Portofolio Bolasalju adalah sebuah opini pribadi dari Bolasalju. Anda bisa setuju, tidak setuju, atau menolak seluruh posisi tersebut. Dan itu adalah keputusan Anda sendiri. Anda bertanggungjawab terhadap investasi Anda sendiri.
  • Investasi mempunyai risiko. Mohon selalu diingat hal ini.