Sebulan terakhir Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah naik 2,36% dari 5799,23 menjadi 5936,44. Padahal dunia ekonomi global dan nasional masih dalam nuansa kekhawatiran. Dalam situasi seperti ini Ide Bolasalju mulai diluncurkan sejak Mei lalu dan berjalan hingga sekarang.

Buffett pernah menulis begini, “The truly big investment idea can usually be explained in a short paragraph. We like a business with enduring competitive advantages that is run by able and owner-oriented people.” Artinya kurang lebih, “Ide investasi yang benar-benar besar biasanya bisa dijelaskan dalam beberapa paragraf pendek. Kami menyukai bisnis dengan keunggulan kompetitif yang bertahan lama yang dijalankan oleh pemimpin yang mampu dan berorientasi kepada pemilik (pemegang saham).”  (Sumber: Berkshire Hathaway Letters to Shareholders, 1994).

Pernyataan Buffett yang singkat dan sangat instruktif di atas akan selalu menjadi panduan Bolasalju dalam mencari ide investasi. Tentu saja kami masih banyak kekurangan, terutama dalam bentuk penyajian analisa. Namun yang pasti, Bolasalju tidak akan kompromi di sisi saringan yang ketat. Saya berharap Ide Bolasalju bisa bertahan di masa susah, juga akan berhasil di masa yang lebih baik lagi.

Siapa pun bisa bilang mereka produsen Kecap No. 1. Tapi kami tidak jualan kecap. Untuk itulah pemantauan kinerja Ide Bolasalju disajikan terbuka. Anggota Bolasalju bisa meneliti setiap transaksi, pendapatan dividen, dan kalkulasi kinerja melalui lembar kerja yang disediakan lewat halaman Ide Bolasalju.

Diluncurkan pada Mei 2018, Ide Bolasalju telah naik 9,50% per Juli 2018. Uang Rp100 juta akan menjadi Rp109,5 juta jika mengikuti posisi Ide secara penuh. Kinerja dua bulan berjalan ditunjang oleh potensi dividen sebesar Rp900.888 dari simulasi investasi sebesar Rp20 juta di dua saham. Hasil dividen tidak diinvestasikan kembali agar kalkulasi sederhana. Tentu saja kinerja ini juga bisa turun jika situasi pasar turun semua. Jika ada saham yang turun, bila kami masih yakin akan nilainya, maka kami akan terbitkan rekomendasi beli di saham-saham tersebut karena berharap akan menunjang kinerja Ide Bolasalju di masa mendatang.

Anda akan selalu bisa mengikuti kinerja Ide Bolasalju sebagaimana pembaca memantau kinerja investasi selama 8 tahun terakhir.

Kinerja Ide Investasi Bolasalju Juli 2018

[caption id="attachment_13579" align="alignnone" width="1126"]Kinerja Ide Bolasalju per Juli 2018 (beserta hasil dividen) Kinerja Ide Bolasalju per Juli 2018 (beserta hasil dividen)[/caption]

Pemantauan kinerja menggunakan metode panduan ini: Mekanisme Pemantauan Kinerja Ide Investasi Bolasalju.


Diedit oleh YW—Anda tunduk pada Disclaimer


Diterbitkan: 1 Aug 2018Diperbarui: 18 Feb 2022