08 Kerangka Kerja Value

Prinsip Dasar Value Investing

Value investing adalah semua kegiatan operasi investasi yang cerdas. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan investasi nilai. Prinsip kegiatan investasi ini adalah: membeli-murah-jual-mahal.

Namun prinsip ini agak menyederhanakan. Prinsip sesungguhnya adalah: mencari “nilai” lebih banyak dari apa yang kita bayarkan.

Nilai lebih banyak dari apa? Dari modal yang kita bayar, pada akhirnya duit kita harus lebih banyak.

Caranya gimana? Tujuan awal kita berinvestasi adalah mencari peningkatan nilai dari investasi kita selama kegiatan operasi? Betul, kan?

Bagaimana Nilai Bertambah?

Ada dua cara agar nilai investasi kita meningkat:

  1. Nilai usaha-lalu-sahamnya bertambah,
  2. Kita berinvestasi di harga yang murah dibanding nilainya.

Terlihat sederhana? Masih bingung? Apa mau tanya? T: Tanya aja, Pak. Bagaimana kita bisa yakin nilai investasi di perusahaan akan bertambah? J: Pahami perusahaan yang nilainya di masa depan akan tetap bagus dan tumbuh naik.

T: Apa ciri perusahaan bagus? J: Lihat #instavesting 10, ya.

Perusahaan Bagus

T: Memang yakin kalau perusahaan bagus akan untung? J: Yakin. Hanya perkara waktu. Kami ajarkan itu di Kursus tema #1 tentang paradigma, prinsip, sejarah, dan filosofinya.

T: Tapi kan banyak perusahaan bagus, Pak? J: Nah, di situ seninya. Dalam Kerangka Kerja ini kami jelaskan. Setelah tahu ciri-ciri perusahaan bagus, menganalisa & tahu valuasinya, pilih saham yang paling mantap buatmu, pelajari keunggulan kompetitif yang terbaik, lalu pelajari alat dan cara eksekusinya, jangan lupa gunakan alat-alat investasinya.

T: Wah, kursusnya lengkap ya, Pak. J: Iya dong. Memang. Mengajar sambil promosi 😆 Sabar saja, nanti akan diajarkan di medsos.

Produk Terkait


Diterbitkan: 4 Aug 2022Diperbarui: 30 Aug 2023