Arti Risiko Investasi

Setiap aset keuangan dan kegiatan investasi selalu punya risiko. Usaha pun punya risiko.

Risiko adalah ketidakpastian di masa depan yang akan terjadi untuk setiap pilihan kita dalam berinvestasi yang bisa mempengaruhi potensi atau berkurangnya kekayaan.

Risiko investasi yang paling umum adalah: risiko pasar, risiko usaha, risiko mata uang, risiko likuiditas, dan risiko konsentrasi.

Arti Risiko Investasi

Risiko pasar adalah risiko penurunan yang dihadapi investor saat pasar menghargai nilai investasi lebih kecil (kerugian nilai pasar). Risiko pasar bisa tidak terjadi kalau investasi tidak dijual.

Risiko usaha adalah risiko yang dihadapi investor jika perusahaan yang sahamnya dimiliki bangkrut, bermasalah, atau menghadapi gejolak usaha.

Risiko mata uang adalah risiko yang dihadapi jika investor dalam dua situasi: 1) berinvestasi di aset keuangan global; dan atau, 2) jika perusahaan punya eksposur terhadap mata uang asing baik dalam bentuk utang/aset/penjualan/pembayaran.

Risiko likuiditas adalah risiko yang dihadapi investor jika aset keuangan yang dimilikinya ternyata susah dijual saat ingin memakai uangnya kecuali menjual lebih murah dibanding nilai wajarnya.

Risiko konsentrasi adalah risiko yang dihadapi investor ketika mengambil langkah diversifikasi atau terkonsentrasi terhadap aset keuangannya. Kedua pilihan tersebut akan mempengaruhi fluktuasi kinerjanya apakah seperti gelombang kecil atau gelombang besar.


Published: 11 Sep 2022Last updated: 11 Sep 2022