1. Iklan Hasil RUPS di Media

Dari pengumuman emiten (saham) itu di publikasi media massa umum bahwa mereka akan membagikan dividen.

2. Dari Info Perusahaan di IDX.co.id

Dari situs IDX, masuklah ke halaman Profil Perusahaan Tercatat[1], lalu ketik kode saham di kotak isian “Pilih Perusahaan”, pastikan muncul kode dan nama perusahaan secara lengkap. Kemudian klik tombol “Cari” berwarna maroon, warna merah yang mirip logo Quora di pojok kiri atas itu. Oke, nanti akan muncul daftar saham di bawahnya. Namun cerita kita belum selesai, klik nama perusahaan tersebut. Lalu klik tab Dividen. Nah, kamu akan menjumpai beberapa daftar dividen perusahaan itu beserta beberapa data: jumlah dividen per saham, cum date, ex date, dan tanggal pembayaran.

3. Dari Situs KSEI.co.id

Lewat situs KSEI, masuk ke menu Publikasi di navigasi atas, lalu pilih Pengumuman Corporate Action[2]. Mohon tanyakan kepada Ivan Lanin kenapa gejala pemakaian bahasa campur aduk seperti ini terjadi? Dari halaman pengumuman aksi korporasi tersebut, kamu akan tahu saham-saham yang membagikan dividen pada bulan dan tahun tertentu. Kamu bisa pilih dan cari data hingga periode 2000. Saya tidak menjamin apakah data tersebut lengkap atau tidak. Tapi kamu tak perlu khawatir karena KSEI ada lembaga resmi tiga-pihak yang mengatur bursa di Indonesia, yaitu: BEI, KSEI, dan KPEI. informasi di sana akurat dan benar.

Jika kamu sudah menjadi investor saham dan sudah mendapatkan kartu Akses KSEI, yang portalnya bisa diakses di sini: AKSes: Frontpage. Kamu juga bisa mencari secara mudah informasi dividen di portal AKSes ini.

4. Dari Website Emiten

Kunjungi halaman “Hubungan Investor”, “Investor Relations”, “Investor”, dan semacam itu. Biasanya akan selalu ada halaman investor di setiap website perusahaan terbuka yang berisi info tentang dividen.

5. Dari Broker

Terakhir, pialang saham (broker) tempat kamu bertransaksi biasanya akan memberi tahu setiap kamu dapat dividen dari saham-saham tertentu. Bahkan seandainya dividen itu sebesar Rp10 rupiah pun mereka dengan senang hati akan memberitahumu.


Diterbitkan: 13 Sep 2022Diperbarui: 14 Sep 2022