Mulai kemarin, Rabu, 19 April 2017, ada dua hal baru yang saya perkenalkan di Bolasalju.com. Pertama, kami punya desain baru. Kedua, kami perkenalkan hal baru bernama Langganan Konten.

Tentang Desain Baru

Sudah tujuh tahun Bolasalju menggelinding di ranah maya. Ia hadir tanpa kosmetika. Tak pernah bersolek. Ia hanya meluncur, menggelinding, dan makin membesar.
Saya ingin menjadikan Bolasalju seperti efek bola salju. Entah sampai kapan ia akan menggelinding, saya tidak tahu. Tapi dengannya saya berharap ia bisa menjadi rekam jejak perjalanan Bolasalju yang saya mulai ini. Dengan blog ini saya berharap ia bisa berguna bagi setiap orang yang menggelindingkan bola saljunya masing-masing.

~ Menggelinding, 1 Desember 2010

Bolasalju masih punya visi sama. Kami tak berubah.

Dengan desain baru ini, saya rasa inilah waktunya sedikit berdandan. Dandanan kami tidak wah, tidak menor. Itu bukan gaya kami. Kami hanya ingin merapikan hal-hal esensi. Sifat yang bisa membantu Bolasalju ke tingkat selanjutnya, untuk meneruskan visi seperti pernyataan di tulisan perdana itu. Desain baru ini membawa kita ke hal baru lain, yaitu konten.

[caption id=“attachment_7348” align=“alignnone” width=“1024”]Desain baru Bolasalju Desain baru Bolasalju[/caption]

Langganan Konten

Mulai kemarin, akses untuk membaca analisa emiten, artikel riset, dan beberapa konten eksklusif telah diproteksi. Hanya pembaca yang punya Langganan Konten aktif akan bisa membukanya. Harga langganan saat ini adalah Rp250.000 per tahun. Sekitar Rp17.000 per bulan, loh. Biaya satu bulan kurang dari harga secangkir kopi! Silakan langsung langganan, bisa bayar pakai kartu kredit, e-banking, atau lewat gerai minimarket juga bisa.

Eh tapi, pasti banyak yang kecewa ya. Mungkin banyak yang sedih. Atau ada yang protes? Kenapa Bolasalju makin komersil? Dari pasang iklan, menarik biaya untuk konten yang saat ini belum banyak diupdate lagi, dan seterusnya, dan seterusnya. Semua itu memang benar. Saya minta maaf bila Anda terkena efek keputusan ini. Tapi keputusan ini harus diambil demi mendukung visi Bolasalju. Dukungan Anda akan membantu kami membuat riset, analisa dan tulisan investasi berkualitas dan independen. (Saya akan menulisnya lebih panjang lebar tentang hal ini beberapa hari di depan)

Sebelum membuat keputusan ini, kami amati perilaku investor dan membandingkannya dengan statistik pengunjung situs. Dari hasil penelitian, kami kira keputusan ini tidak akan menggangu mayoritas pembaca Bolasalju. Mereka yang ingin membaca analisa dan artikel eksklusif saya kira pasti bersedia membayar. Ya, kan kawan-kawan? Saya tahu Anda akan mendukung Bolasalju.

Jika Anda tidak ingin berlangganan, tidak masalah. Anda tetap pembaca kami. Kami tak membedakannya. Anda akan bisa mengakses konten kami yang terbuka. Beberapa artikel umum terproteksi (bukan emiten dan riset) akan kami buka setelah terbit 6 bulan. Anda tetap kami anggap mendukung Bolasalju dengan terus membaca artikel lainnya. Jadi, no problemo.

Oya, harga langganan adalah harga perkenalan. Jika kualitas dan kuantitas ulasan makin lengkap dan bertambah, harga akan kami naikkan, tanpa negosiasi ? Kami hargai para pendukung Bolasalju.

Satu Lagi

[caption id="attachment_7349" align="alignnone" width="500"]Contoh sampul buku Cerdas Berinvestasi Contoh sampul buku Cerdas Berinvestasi di antara buku lainnya (hak cipta sampul lainnya adalah pemilik masing-masing)[/caption]

Progres produksi buku digital Cerdas Berinvestasi sudah mendekati tahap akhir. Contoh sampul buku edisi Kindle terlihat seperti di gambar. Ternyata membuat buku, biarpun tipis sekali, sangat melelahkan. Saya tak menyesali pengalamannya.

Beberapa pembaca Bolasalju yang pernah mengisi formulir khusus buku ini akan kami kirim email dalam waktu dekat sehingga mereka bisa membeli atau mengakses buku lebih dulu. Kami apresiasi dukungan dan kesabaran Anda.

Terima kasih.


Diterbitkan: 20 Apr 2017Diperbarui: 9 Feb 2022