Dua Jenis Keyakinan

Ada dua hal terkait keyakinan dalam berinvestasi.

Pertama, keyakinan akan metode atau paradigma investasi.

Kedua, keyakinan akan analisis dan keputusan investasi.

Dalam Kursus dan pembelajaran Bolasalju kami selalu menekankan bahwa dua hal ini penting. Tanpa keyakinan, ibaratnya investor hanya mencoba-coba, spekulasi, dan tak tahu arah. Dengan keyakinan, langkah selanjutnya akan mudah.

Bagaimana Bisa Yakin?

Untuk menjawab keyakinan pertama, perlu narasi panjang dan lebar. Saya tidak yakin akan bisa selesai dalam beberapa artikel panjang. Dalam edukasi tertutup, kami akan menjelaskan urutan narasinya secara runtut agar rasional dan mudah dipahami.

Itu pun belum jaminan kami akan bisa mengubah keyakinan orang lain.

Keyakinan adalah soal sistem kepercayaan. Tapi manusia bisa berubah dengan kaitan tertentu: kejadian mengejutkan, musibah, kegembiraan, bukti, cerita orang yang dipercaya, dan lainnya.

Paradigma Edukasi Keyakinan

Dari pemahaman itulah kami di Bolasalju menitikberatkan edukasi soal keyakinan ini melalui dua cara:

  • Menguji melalui Portofolio Bolasalju dan mendiskusikan kinerjanya (ada member yang bisa cek validitasnya)
  • Melalui membership di mana kami punya ruang privat untuk berbagi keunggulan, kelemahan, dan bisa diskusi hal-hal sensitif.

Itu pun belum tentu bisa mengubah keyakinan. Ada banyak teori persuasi, argumenteasi, dan narasi, tapi menancapkan keyakinan secara permanen perlu pembelajaran seumur hidup.

Keyakinan Analisa Sendiri

Dalam keyakinan yang kedua pendekatannya relatif lebih mudah.

Di Bolasalju kami menekanankan pendekatan sejarah, data, dan statistik, disertai pembuktian berdasarkan kaidah yang sudah teruji.

Cara berikutnya adalah dengan menunjukkan kesalahan, masalah, halangan, dan hal lainnya. Dengan begitu kami berharap peserta bisa mendapatkan wawasan sehingga mereka menangkap dan bisa mengaplikasikan ke situasi mereka sendiri. Sudah banyak peserta yang sukses mendapatkan pemahaman lewat cara ini.


Published: 9 Aug 2022Last updated: 3 Sep 2022