Bagaimana cara eksekusi operasi investasi untuk investor jangka panjang?

Cara mengelola transaksi untuk investor jangka panjang berbeda dengan mereka yang fokus jangka pendek.

Dengan memakai rambu-rambu dan alatnya, Anda bisa terbantu untuk lebih disiplin, menghindari pengaruh emosi, dan bisa tetap tenang melakukan kegiatan lainnya.

Investor jangka panjang fokus pada perusahaan terbaik di harga murah. Maka temukan perusahaan yang bagus itu. Kriteria bagus silakan tengok feed kami sebelumnya.

Setelah perusahaan bagusnya ditemukan, tanyakan kepada diri sendiri, apakah harganya relatif murah dipanding nilainya (nilai intrinsik, nilai likuidasi, atau cara pandang lain).

Setelah itu apakah langsung transaksi? Sebentar, sabar dulu.

Rambu-rambu transaksi dan eksekusi investasi:

  • Sudah ada rencana portofolio (termasuk jenis saham) dan ekspektasi eksekusinya dari proses analisa yang menyeluruh
  • Pilih rencana eksekusi: cepat atau bertahap
  • Buat agenda eksekusi setahun dan agenda ringkas jangka panjang
  • Tetapkan dalam agenda eksekusi
  • Terapkan dalam aplikasi atau komunikasi dengan broker untuk transaksi manual
  • Catat alasan eksekusi
  • Evaluasi sesuai plan, apakah 3 bulanan, 6 bulan, atau tahunan. Jual, beli, atau sesuaikan portofolio. Dan ulang proses dari awal.

Kenapa 3 bulanan? Bisa saja 1 bulanan, bisa lebih cepat bila ada alert atas kondisi harga (biasanya naik). Tergantung rencana investor, kesibukan, dan permodalan. Apa bisa 6 bulanan atau 1 tahunan? Jelas bisa. Malah Anda akan lebih fokus dan tenang. Kenapa tidak ada yang terkait dengan chart atau analisa teknikal? Memang tidak ada. Kapan-kapan kita bahas.

Lalu apa yang bisa diakukan setelah selesai eksekusi yang mungkin hanya perlu waktu sebentar? Anda bisa riset, analisa, membaca, beraktivitas yang produktif, dan lainnya.

Materi ini juga kami sajikan dalam Kursus.


Published: 23 Sep 2022Last updated: 25 Sep 2022