Pahami Karakter Diri

Tidak semua orang bisa berinvestasi.

Seandainya saya ditanya jika saya baru mulai sekarang, bagaimana saya akan berinvestasi?

Pertama, pahami karakter diri. Karakter konservatif, akan berhati-hati agar uangnya tidak berkurang/hilang. Jika karakter agresif, kemungkinan banyak Anda ingin spekulasi. Ini bahaya.

Prinsip Tiga B Plus

Ada tiga “B plus” penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja sebelum berinvestasi. Belajar, bekerja, dan berusaha.

Belajar. Ini adalah kegiatan low risk dengan potensi reward yang sangat besar. Seorang pembelajar yang sukses, dalam akademis atau ilmu, akan mempunya “harta” yang tidak ternilai.

Bekerja dan Berusaha

Bekerja. Apalagi jika ada pekerjaan yang layak. Tekuni. Jalani tahap dan langkah kehidupan. Kehidupan bisa memberi lompatan yield setimpal.

Berusaha. Ada orang yang punya karakter unggul dalam berusaha. Maka, berusahalah sebaik-baiknya. Return usaha jauh lebih unggul dibanding saham.

Baru, Berinvestasilah

Jika sudah belajar-bekerja-berusaha, saat ada dana dingin (bukan dana sekolah, usaha, arisan, dll), barulah dana itu layak diinvestasikan. Saatnya belajar investasi.

Skenario ini juga harus disesuaikan dengan perencanaan keuangan masing-masing. Ini PR Anda. Tapi, investasi apa?

Investasi Termudah

Berinvestasi di reksadana (RD) indeks adalah yang termudah. Tapi ingat risiko biaya beberapa RD indeks yang mahal.

Dengan berinvestasi di indeks, kita berharap dana kita bisa mengikuti kinerja indeks harga saham induk RD tersebut. Misal IDX30. Jika ia naik, kinerja RD ikut naik. Jika turun, dia turun juga.

Reksadana Indeks

RD indeks adalah sebuah kolam dana publik yang akan diinvestasikan dalam saham-saham dalam sebuah indeks, seperti IDX30, LQ45, dll. Harapannya dana kelolaan dalam indeks akan mengikuti pertumbuhan indeks. Dalam jangka panjang sebuah indeks punya kinerja sangat lumayan. Lihat feed kami tanggal 7 Jan 2022 (Performa IHSG Sejak 1983).

Alternatif Lain

Alternatif lain adalah berinvestasi di RD saham atau RD campuran dari pengelola dana yang bonafid dan terbukti punya kinerja jangka panjang bagus. Ingat, jangka panjang. Bukan jangka pendek. Tapi upaya ini juga punya risiko performa manajer investasi.

Plus, B satu lagi, berdoa. Semoga upaya kita semua dimudahkan-Nya.

Eksplorasi Video

Ikuti eksplorasi yang lebih luas di video tersebut.

Semoga bermanfaat.


Published: 26 Apr 2022Last updated: 26 May 2022