Buffett dan Munger akui tantangan investasi nilai di masa depan. Peluang tetap ada dengan adaptasi dan pandangan jangka panjang. Fokus pada teknologi dan kecerdasan buatan, namun peran manusia tetap penting. Bersiap untuk hasil yang lebih rendah dan peluang terbatas.

Wawancara disarikan dari acara “2023 Berkshire Hathaway Annual Meeting” yang diadakan selama 5 jam. Transkrip dan terjemahan oleh penulis. Semua kata dalam tanpa kurung adalah tambahan dari kami.


PERTANYAAN: (Dari Salazi, Santa Clara, California) Warren Buffett dan Charlie Munger, dengan adanya pertumbuhan pesat “disruptive technology” yang memperbaiki produktivitas dan AI (Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan) salah satunya, bagaimana Anda berdua melihat masa depan value investing di era baru? Adaptasi atau prinsip baru apa yang harus diadopsi oleh investor dan adakah rekomendasi bagi investor agar tetap sukses dalam lanskap yang berubah cepat ini?

MUNGER: Saya kira value investor akan memiliki kesulitan di mana sangat banyak dari mereka berkompetisi untuk peluang yang semakin berkurang. Saran saya untuk value investor adalah untuk biasakanlah mendapatkan hasil yang sedikit.

BUFFETT: Charlie telah mengatakan hal yang sama kepada saya sepanjang waktu kami telah saling kenal selama ini. Kami bisa sejalan karena…

MUNGER: (memotong) Kami menghasilkan lebih sedikit.

BUFFETT: Yah, itu alasan terbesarnya karena kita (mengelola dana) lebih besar. Saat kami muda, kami tidak pernah berpikir bisa mengelola dana sebesar 508 miliar dolar. Saya berpendapat bahwa (meski dengan kondisi gangguan AI), tetap akan ada banyak peluang. Teknologi atau apapun itu tidak membuat banyak perbedaan jika Anda melihatnya dari sisi bagaimana dunia mengubah mereka (manusia).

Sejak 1942, saat saya baru memulai. Seorang anak yang tidak tahu akan mobil, listrik, dan semuanya, tapi itu bukan intinya. Perubahan dunia atau hal-hal baru tidak mengambil peluang investasi. Yang memberi Anda peluang investasi adalah orang lain yang melakukan hal-hal bodoh. Selama 58 tahun kami mengelola Berkshire, ada peningkatan besar jumlah orang yang melakukan hal bodoh, dan mereka melakukan kebodohan besar. Alasan mereka melakukannya sampai batas tertentu adalah karena mereka bisa mendapatkan uang dari orang lain secara jauh lebih mudah dibanding saat kami memulai.

Maka Anda bisa mendirikan 10 hingga 15 perusahaan asuransi bodoh, dan Anda bisa kaya. Saya kira investasi telah hilang dari pasar kapitalis yang besar ini, di mana setiap orang bisa bermain di dalamnya. Tapi “big money” (pelaku pasar besar) menjual ide-ide orang lain yang tidak berjalan (underperform atau gagal). Jika Anda tidak mengelola dana terlalu besar, seperti kami, saya kira peluangnya akan lebih besar.

Tapi saya dan Charlie selalu berbeda pendapat dalam hal ini. Dia suka berkata bagaimana dunia ini begitu muram, dan saya biasanya berkata kepadanya bahwa kita akan menemukan cara lain. Jadi, sejauh ini kami semacam benar (keduanya).

MUNGER: Sekarang ini begitu banyak uang di tangan begitu banyak orang pintar, semuanya mencoba untuk lebih pintar dibandingkan dengan yang lain dan tidak mempromosikan satu sama lain untuk mendapatkan lebih banyak uang dari orang lain. Secara radikal, ini dunia yang berbeda dibanding saat kami memulai. Saya kira kita akan terus memiliki peluang (investasi), tapi juga akan ada beberapa episode tidak menyenangkan.

BUFFETT: Tapi mereka mencoba lebih pintar dari yang lain di sebuah arena tempat Anda (bisa memilih) tidak harus bermain. (Catatan: Bufffet menyebut pasar obligasi pemerintah. Setelah titik itu, kami kurang bisa menangkap konteks yang disampaikan, selain kecepatan bicara dan intonasi tidak jelas. Kami memutuskan melompatinya).

BUFFETT: Dunia ini banyak yang fokus jangka pendek. Dan jika Anda menghubungi relasi investor, mereka akan mencoba mengisi lembaran laporan dengan gambaran laba tahun ini, dan manajemen tertarik memberi kita ekspektasi yang sedikit lebih mudah. Maksud saya, itulah dunia yang diciptakan untuk orang lain yang mencoba berpikir untuk bekerja buat dunia yang seharusnya Anda hadapi untuk 5-20 tahun ke depan.

Saya hanya berpikir. Aku mungkin akan senang lahir hari ini dan keluar dengan uang (modal investasi) tidak terlalu banyak dan berharap bisa menghasilkan banyak uang. Charlie sebenarnya juga akan melakukannya. Dia akan menemukan sesuatu untuk dikerjakan. Itu tidak berarti sama persis dengan sebelumnya (keadaan saat mereka memulai 50-an tahun lalu).


Catatan: tulisan ini kami edit dengan bantuan AI.


Diterbitkan: 17 May 2023Diperbarui: 30 Aug 2023