Ini adalah riset tahunan kami tentang 10 saham dengan kapitalisasi pasar terbesar. Edisi ini meringkas hingga akhir Juni 2023.

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2023

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2023

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2022

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2022

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2017

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2017

Sumber: Riset Tahun 2017

Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Dari emiten yang muncul dalam tiga daftar, ada beberapa emiten yang hilang, seperti: HMSP, GGRM, dan GOTO. ICBP sempat hilang lalu muncul kembali per Juli 2023.

Selama 10 tahunan, banyak saham besar menorehkan performa yang menarik, bahkan di atas 100%. Meski ada juga yang negatif atau kecil kinerjanya.

Apa yang lebih penting? Apa yang bisa kita pelajari?

Ada satu lagi hal yang menarik. Silakan perhatikan performa 10 tahunan. Terutama kinerja dari sudut pandang kinerja tahun 2022. Meski telah melewati perjalanan fluktuasi di pasar saham yang brutal pasca krisis seputar pandemi pada Maret-April 2020, ternyata beberapa kinerja saham perusahaan-perusahaan bagus memperoleh performa yang bagus.

Kinerja saham bukan merupakan ukuran penting. Ya, kita sebagai investor di pasar memang mencari keuntungan dari kenaikan harga saham. Tapi kenaikan itu bisa datang dari banyak hal. Kenaikan yang teruji, terukur, dan bisa dipelajari datang dari kondisi fundamental perusahaan dan prospek usahanya.

Ini mempertegas bahwa strategi berinvestasi saham di perusahaan besar dan bagus (dengan berbagai peringatan!) bagi investor umum layak dipelajari.

Pelajari eksplorasi lebih detail edukasi kami melalui daftar putar di YouTube ini:
"Investasi Saham Aman, Mudah, dan Menguntungkan".

Ingin lebih praktis, dapatkan insight melalui publikasi Saham Bolasalju dengan sumplemen Portofolio Alpen.

Demikian riset kali ini, semoga bermanfaat.


Hak cipta riset © 2023 Bolasalju.com. Diperbolehkan mengutip dengan menyertakan sumber jelas dan merujuk ke URL website ini.


Disclaimer: karena ada penyebutan nama saham, kami harus menyatakan bahwa ini bukan ajakan untuk berinvestasi di saham-saham yang disebutkan di daftar ini. Artikel ini dimaksudkan sebagai riset rutin sebagai edukasi.


Diterbitkan: 12 Jul 2023Diperbarui: 30 Aug 2023