Berikut adalah riset ringkas berisi 10 saham dengan kapitalisasi pasar terbesar per akhir Juni 2022.

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2022

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2022

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2017

10 Saham Berkapitalisasi Terbesar Juni 2017

Sumber: Riset Tahun 2017

Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Dari 10 emiten yang muncul dalam dua daftar di atas, hanya 3 emiten yang hilang. Beberapa nama emiten yang hilang seperti HMSP, GGRM, dan ICBP mengalami performa kinerja saham temporer yang tertekan selama hampir 2 tahun terakhir. Jadi wajar mereka hilang dari daftar ini.

Selama 10 tahunan, hampir semua saham berkapitalisasi besar di atas menorehkan performa yang menarik, yaitu di atas 100%. Pengecualian terjadi pada statistik Juni 2022, di mana ada beberapa emiten besar yang mengalami kinerja negatif dan hanya satu digit. Apakah ini fenomena temporer akibat gejolak bursa pasca pandemi Covid-19 yang menekan pasar sejak awal 2020 lalu? Apakah fenomena ini akan berlanjut?

Menurut hemat kami, semuanya berpulang kepada fundamental dan kinerja masing-masing perusahaan. Mungkin saja tidak semua saham yang muncul di daftar ini akan muncul kembali pada tahun 2023 mendatang. Mungkin ada saham lain yang menggantikannya.

Yang penting diperhatikan, silakan perhatikan performa 10 tahunan. Lima tahun beranjak setelah 2017, ternyata performa 10 tahunan beberapa saham berkapitalisasi besar masih juga bagus. Bahkan di atas 100%. Padahal kita baru saja mengalami kinerja pasar yang brutal.

Ini mempertegas bahwa strategi berinvestasi saham di perusahaan besar dan bagus (dengan berbagai peringatan!) bagi investor umum layak dipelajari.

Pelajari eksplorasi lebih detail edukasi kami melalui daftar putar di YouTube ini:
"Investasi Saham Aman, Mudah, dan Menguntungkan".

Jika melihat kinerja dan fundamental perusahaan-perusahaan yang berperforma bagus itu, kami melihat kinerjanya juga masih layak dan aman dalam jangka panjang. Pengecualian saham-saham yang baru muncul dan baru IPO, kinerja saham mereka terpengaruh oleh isu temporer.

Demikian riset kali ini, semoga bermanfaat.


Hak cipta riset © 2022 Bolasalju.com, Arif R. Widianto. Diperbolehkan mengutip dengan menyertakan sumber jelas dan merujuk ke URL website ini.


Disclaimer: karena ada penyebutan nama saham, kami harus menyatakan bahwa ini bukan ajakan untuk berinvestasi di saham-saham yang disebutkan di daftar ini. Artikel ini dimaksudkan sebagai riset rutin sebagai edukasi.


Published: 7 Jul 2022Last updated: 14 Jul 2022